Mahasiswa Prodi Pendidikan Ners dan Bidan Ikuti Ucap Janji Kepaniteraan Secara Luring

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta (Unas) – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Ners dan Profesi Bidan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Nasional (Unas) semester ganjil Tahun Akademik 2022/2023 ikuti prosesi ucap janji kepaniteraan secara luring, di Aula Unas Blok I Lantai IV, Jumat (07/10).

Dekan FIKES Unas, Dr. Retno Widowati, M.Si., mengatakan, prosesi ucap janji ini merupakan agenda rutin yang harus dilakukan kepada seluruh mahasiswa baru baik Profesi Ners dan Profesi Bidan sebelum mengemban tugas di lapangan.

“Ucap janji ini juga memiliki makna yang besar akan rasa tanggung jawab ketika bekerja di lapangan nanti,” ujarnya. Retno berharap, para mahasiswa dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan menjunjung tinggi kode etik di bidangnya masing-masing.

Para Mahasiswa yang sedang membaca Janji Kepaniteraan Secara Luring.

Dalam sambutannya, Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Nz. Naziyah, S.Kep., M.Kep., mengatakan, ucap janji ini diikuti oleh 40 mahasiswa Profesi Ners angkatan ke-7. Sebanyak 38 mahasiswa berasal dari alumni S1 Keperawatan Unas, dan 2 mahasiswa dari non alumni. Sebelumnya, para mahasiswa tersebut telah melakukan beberapa rangkaian kegiatan sebagai syarat memasuki lahan praktik yakni pra klinik dan pelatihan Basic Trauma and Cardiac Life Support (BTCLS).

“Mekanisme pembelajaran untuk Profesi Ners saat ini secara full onsite di lahan praktik sesuai dengan acuan standar kurikulum yang telah ditetapkan. Mudah-mudahan seluruh mahasiswa Profesi Ners yang telah mengucap janji kepaniteraan ini siap untuk belajar di lapangan dan berhubungan langsung dengan pasien, serta menerapkan kode etik keperawatan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Bidan, Sri Dinengsih, S.Si., T. M.Kes., juga mengatakan, prosesi ucap janji kepaniteraan ini diikuti sebanyak 70 mahasiswa angkatan ke-5 yang telah melewati proses seleksi mahasiswa baru. Seluruh mahasiswa tersebut telah melewati tahap matrikulasi dengan ilmuan dan kasus tertentu guna memberikan kesiapan sebelum terjun ke lahan praktik.

“Dalam pembelajaran di Profesi Bidan ini, para mahasiswa akan melewati 13 stase yang dibagi menjadi 7 stase di semester pertama, dan 6 stase di semester kedua. Semoga seluruh mahasiswa dapat mengikuti proses pembelajaran tersebut dengan baik, sehingga lulus menjadi bidan yang kuat, tanggung, dan profesional,” ucapnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua PD Ikatan Bidan Indonesia (IBI) DKI Jakarta yang diwakili oleh Wakil Ketua II PD IBI Prov. DKI Jakarta, Bdn. Atmalinda, S.Tr.Keb. Ia mengatakan, makna dari ucap janji kepaniteraan ini ialah mahasiswa telah disahkan untuk melakukan praktik ditatanan layanan kebidanan. Dalam praktik ini, mahasiswa akan menerapkan ilmu kebidanannya kepada pasien.

“Sebelum praktik, mahasiswa harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik karena akan berhadapan langsung dengan petugas pelayanan dan individu yang dilayani. Diharapkan mahasiswa dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dimulai dari orientasi mengenai alat, tempat, dan prosedur,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jakarta Selatan yang diwakilkan oleh Sekretaris DPD PPNI Jakarta Selatan, Ns. Ratna Aryani, M.Kep mengatakan, selama belajar di lapangan, seluruh mahasiswa harus menjaga nama baik almamater FIKES Unas, dengan berperilaku dan bertutur kata yang baik.

“Ketika memasuki lahan praktik, para mahasiswa akan membawa skill, kognitif, serta attitude di lapangan. Jagalah nama almamater kalian dengan baik, dan jadilah calon tenaga kesehatan yang profesional,” pungkasnya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan penyematan name tag dan pemasangan kap mahasiswa Profesi Ners dan Profesi Bidan,  yang dilakukan oleh Ketua Program Studi dan Dekan FIKES Unas. Setelah itu, dilanjutkan dengan prosesi ucap janji kepaniteraan yang dipandu oleh perwakilan mahasiswa, serta didampingi oleh rohaniawan Islam, Dr. Aos Yuli Firdaus, S.IP., M.Si., dan rohaniawan Kristen, Ns. Dwi Rohyani, S.Kep., M.Kep.

Penandatanganan naskah ucap janji juga dilakukan antara perwakilan mahasiswa, Ketua Program Studi, serta Dekan FIKES Unas, serta didampingi oleh perwakilan dari IBI dan PPNI. Kegiatan dilanjutkan dengan serah terima mahasiswa ke lahan praktik oleh Ketua Program Studi yang diterima oleh CI RSUD Pasar Rebo, Ns. Wiwit Alma, S.Kep. untuk Profesi Ners, serta Staf Seksi SDK Sudinkes Jakarta Barat, Rizka Maftuha Am.Keb untuk Profesi Bidan. (NIS)

Berita Terbaru
Chat with Us!