Yudisium FIKES Dorong Lulusan Jadi Tenaga Kesehatan yang Berkualitas

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta (Unas) – Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Nasional (Unas) kembali menggelar pelepasan calon wisudawan-wisudawati secara internal atau yudisium, pada Sabtu (30/10). Kegiatan ini dihelat secara daring dan luring di Menara Unas II, serta  diikuti para lulusan semester genap tahun akademik 2020/2021.

Mengangkat tema ‘Peran Tenaga Kesehatan Berkualitas Menuju Indonesia Sehat 2025’, kegiatan ini diisi penyampaian materi oleh narasumber, Sri Indiah SST, MM. selaku pengurus Ikatan Bidan Indonesia.

Dalam sambutannya, Dekan FIKES Unas, Dr. Retno Widowati, M.Si., mengatakan, seluruh lulusan FIKES Unas diharapkan dapat menjadi tenaga kesehatan yang berkualitas, handal, serta memiliki empati dan mau membantu masyarakat.

“Kami juga menanti kembali para lulusan yang akan melanjutkan ke Profesi Ners maupun Profesi Bidan di FIKES Unas, dengan harapan, seluruh lulusan FIKES bisa menjadi tenaga kesehatan yang professional dan sesuai dengan persyaratan undang-undang yang berlaku,” tuturnya.

Dekan juga turut mengucapkan terima kasih kepada para lulusan yang telah memilih FIKES Unas sebagai tempat melanjutkan pendidikan baik dari SMA, SMK, maupun Vokasi D3. “Setelah lulus, kami juga berharap para alumni tetap menjaga tali silaturahmi diantara dosen dan staff FIKES, serta bersedia untuk mengisi kuesioner alumni yang akan menjadi evaluasi bagi kami dalam meningkatkan mutu pelayanan pendidikan baik akademik, maupun non akademik,” lanjutnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia yudisium, Dr. Triana Indrayani, SST., M.Kes., mengatakan, walaupun kegiatan ini tidak bisa dilakukan dengan tatap muka secara keseluruhan, tetapi dosen dan panitia tetap berusaha menghadirkan  momen yang baik melalui penyelenggaraan yudisium.

“Seluruh lulusan mengikuti kegiatan secara daring melalui zoom meeting, sementara pelaksanaan tatap muka hanya dihadiri oleh dosen dan panitia, serta perwakilan dari lulusan terbaik. Mudah-mudahan yudisium ini bisa menghadirkan momen indah bagi para lulusan dan terus membawa nama baik FIKES dan Unas,” ujarnya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber, , Sri Indiah SST, MM. secara virtual. Ia menyampaikan bahwa setelah menempuh gelar sarjana Keperawatan dan sarjana terapan Kebidanan, para lulusan harus memiliki keterampilan, sikap, etika, dan bekal pengetahuan dalam melayani masyarakat.

“Selain itu, juga perlu memahami kode etik kebidanan maupun keperawatan yang menjadi pedoman bagi lulusan dalam menjalankan tugasnya. Semoga apa yang telah dipelajari oleh para lulusan salama berkuliah di FIKES Unas dapat dipahami dengan baik, dan bisa diimpelementasikan ke masyarakat,” imbuhnya.

Dalam paparannya, Ia juga turut menyampaikan materi yang berjudul ‘Peran Bidan dalam Mempersiapkan Generasi Emas’. Menurutnya, seorang bidan perlu melakukan pengembangan kompetensi berupa pelatihan regular, update terhadap standar pelayanan kesehatan, magang, serta mendukung program pemerintah.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pembacaan SK Kelulusan oleh Wakil Dekan FIKES, Rukmaini, SST., M.Keb., dan pemberian penghargaan kepada lulusan terbaik yang diwakilkan secara luring. Adapun lulusan terbaik program studi sarjana Keperawatan ialah Gloriana Tio Fhania dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,55 sebagai peringkat pertama, Sisilia Pardjer dengan IPK 3,55 sebagai peringkat kedua, dan Sindiastati dengan IPK 3,48 sebagai peringkat ketiga.

Sementara itu, lulusan terbaik program studi sarjana terapan Kebidanan diraih oleh Kianti Nurfadilah dengan IPK 3,87 sebagai peringkat pertama, Nenden Sifa Alfiani dengan IPK 3,78 sebagai peringkat kedua, dan Nia Kurnia dengan IPK 3,78 sebagai peringkat ketiga.

Sebagai bentuk kenang-kenangan kepada FIKES Unas, para alumni turut memberikan sumbangan berupa 1 buah shelving steel 5 shelf dari lulusan sarjana Keperawatan, serta 2 buah lemari kaca dan 5 buah bed screen (skerem) dari lulusan sarjana terapan Kebidanan. Di sisi lain, FIKES Unas juga memberikan kenang-kenangan berupa kartu alumni emoney yang diberikan secara simbolis.

Berlangsung dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB, kegiatan ini dengan doorprize, serta pemutaran video Tiktok persembahan dari alumni dan dosen. (NIS)

Berita Terbaru
Chat with Us!