LPPM Unas Gandeng Kemendikbud Ristek RI, Adakan Pelatihan Pengembangan Taman Kehati Buah dan Sayur

Jakarta (Unas) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Nasional (Unas) bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia menyelenggarakan kegiatan pengembangan taman keanekaragaman hayati (Kehati) buah dan sayur di Kelurahan Warakas RW. 08 Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (7/1). Kegiatan ini juga didukung oleh PT. Indonesia Power Priok POMU melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) nya.

Ketua LPPM Unas Dr. Ir. Nonon Saribanon, M.Si., saat memberikan penyuluhan kepada warga.

Dalam keterangannya, Ketua LPPM Unas Dr. Ir. Nonon Saribanon, M.Si., mengatakan pengembangan taman keanekaragaman hayati dimulai dengan mengoleksi 12 jenis varietas jeruk yang nantinya akan menjadi sumber kekayaan hayati di taman kehati RW. 08 ini.

Dengan dibuatnya taman kehati ini, Nonon berharap akan muncul kegiatan lanjutan seperti ecotourism atau edutourism. “Diharapkan dengan kegiatan ini, akan muncul kegiatan-kegiatan lanjutan dan sebagai pengembangan misalnya menjadi ecotourism atau edutourism di wilayah pemukiman Jakarta Utara,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Sains dan Teknologi LPPM Unas Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si., mengatakan kegiatan pendampingan dan pelatihan ini yang diberikan  kepada warga adalah pelatihan mengenai bagaimana pembuatan budidaya tumbuhan dalam pot kemudian juga diberikan pelatihan pendampingan mengenai kegiatan pembuatan atau pemanfaatan taman kehati.

Sekretaris Sains dan Teknologi LPPM Unas Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si., saat memberikan bibit tanaman di RW 08 RT III kelurahan Warakas Jakarta Utara.

Ia menambahkan, sesuai arahan Walikota Jakarta Utara taman kehati di RW. 08 Kelurahan Warakas diarahkan untuk memiliki icon keanekaragaman hayati baik sayur maupun buah. “Dan dalam hal ini kami memilih jeruk-jerukan ini sesuai arahan Walikota Jakarta utara mengenai keanekaragaman jeruk,” ujar Tatang yang juga Dekan Fakultas Biologi Unas.

“Sehingga manfaatnya itu bagi masyarakat lokal merupakan untuk mengantisipasi ketahanan pangan antara lain masyarakat bisa memanfaatkan keanekaragaman sayur untuk bumbu untuk masak dan juga jeruk-jerukan untuk minuman bumbu dan sebagainya dengan demikian ini dikembangan menjadi suatu alternatif kegiatan ekonomi bagi masyarakat sekitar sehingga masyarakat sekitar menjadi sejahtera dan sehat,” tutur Tatang.

Baca Juga :   HIMAPUBLIK Ajak Generasi Milenial Bantu Sukseskan Pemilu 2024

Sementara itu, Ketua RW 08 Juprinaldi menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang tanaman bagi para warga sekitar RW 08. Ia mengatakan kegiatan ini bertepatan dengan giat penghijauan di wilayah RW 08 oleh karena nya itu menurutnya, kegiatan ini sangat membantu.

“Mudah-mudahan kegiatan ini terus berlanjut agar wilayah RW 08 ini semakin asri semakin indah dan enak dipandang. Karena program-program seperti ini sangat bermanfaat bagi kami,” ucapnya. (*DMS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!