Ikuti Try Out, Mahasiswi FBP Unas Siap Hadapi Olimpiade Nasional MIPA

Jakarta (Unas) – Lima mahasiswi dari Fakultas Biologi dan Pertanian Universitas Nasional (Unas) mengikuti technical meeting dan try out sistem ONMIPA-PT tingkat Wilayah pada Jumat, 12 Mei 2023 di Ruang Blended Learning Blok 3 Lt. 3 Unas. Kegiatan ini merupakan persiapan bagi mahasiswa/i untuk mengikuti lomba Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) tingkat wilayah pada Juni mendatang.

Olimpiade ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa)  Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

“Olimpiade Nasional MIPA atau ONMIPA ini kegiatan rutin dari BELMAWA DIKTI yang diperuntukkan bagi mahasiswa/i khususnya yang konsen di ilmu alam. Jadi dikegiatan rutin ini kami dari kemahasiswaan konsen untuk lomba ONMIPA dan para mahasiswi kita fasilitasi untuk mengikuti kegiatan olimpiade ini,” ujar Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Unas Kamaruddin Salim, S.Sos.,M.Si., kepada Tim Humas Unas disela-sela acara.

Ia menambahkan, try out ini dapat menjadi gambaran konkrit bagi mahasiswi agar benar-benar siap menghadapi kompetisi ONMIPA karena ini kegiatan yang memang membutuhkan pengetahuan yang luas.

Terkait dengan mahasiswi yang dipilih untuk mengikuti olimpiade ini, Kamaruddin mengatakan menyerahkan keputusan di Fakultas untuk menyeleksi mahasiswa yang dianggap kompeten dan memiliki pengetahuan yang cukup terkait Ilmu matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Namun, dari Biromawa sendiri pihaknya juga memberikan kriteria khusus bagi mahasiswa/i yang ingin ikut olimpiade ini.

“Seleksi khusus itu yang pertama pendalaman materi penguasaan materi sampai pada soal kompetensinya. Kompetensinya kita melihat juga dari indeks prestasi mahasiswa/i bersangkutan,” katanya.

Sebelum mengakhiri wawancara, Ia mengatakan bahwa kegiatan ini juga sebagai komitmen Biromawa untuk terus mendukung dan mendorong mahasiswa/i untuk terlibat dalam kegiatan lomba ataupun kompetisi apapun yang diselenggarakan oleh Belmawa Dikti. Untuk kedepan, pihaknya juga telah memiliki progress untuk melakukan seleksi secara menyeluruh kepada seluruh program studi di Unas untuk terlibat dalam satu atau dua jenis lomba.

Baca Juga :   Pengenalan Lingkungan & Budaya Akademik Fakultas Teknik dan Sains Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023

“Mudah-mudahan ini mendapat peminatan yang tinggi dari mahasiswa/i kita, tidak mesti dari Biologi Pertanian dan juga dari teknik atau sains, tapi bisa dari program studi lain,” ungkapnya.

Ditemui ditempat yang sama, Wakil Dekan Fakultas Biologi dan Pertanian Unas Dr. Sri Endarti Rahayu, M.Si. berharap mahasiswi yang ikut dalam olimpiade ini mendapatkan hasil yang maksimal. Ia pun menargetkan, mahasiswi bisa lolos di tingkat wilayah.

Salah satu mahasiswi Fakultas Biologi dan Pertanian saat mengerjakan soal try out dalam persiapan menghadapi olimpiade Nasional MIPA tingkat wilayah, Jumat 12 Mei 2023 di Ruang Blended Learning Blok 3 Lt. 3 Unas

Terkait dengan bekal yang diberikan kepada mahasiswi, Sri mengatakan bahwa telah memberikan pendalaman materi yang akan diujikan. “Mudah-mudahan soalnya tidak terlalu menyimpang dari yang sudah diberikan sehingga mereka dapat menjawab dengan baik,” terangnya.

Dikutip dari pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id, Kegiatan ONMIPA-PT merupakan salah satu kegiatan ajang talenta jenjang pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi mahasiswa dibidang Matematika dan IPA.

Adapun mahasiswi yang mengikuti olimpiade ini yaitu Fara Azzahra, Dea Pusvitasari, Rahmi Maahira, Galuh Maryana P, Nazhifah Salsabila. (*DMS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!