Siti Tuti Alawiyah Sandang Gelar Doktor Bidang Ilmu Linguistik Dengan Predikat Sangat Memuaskan

Jakarta (UNAS) – Ketua Program Studi Sastra Inggris, Dr. Siti Tuti Alawiyah, S.S., M.Hum., berhasil menyandang gelar doktornya dengan predikat Sangat Memuaskan dalam Bidang Ilmu Linguistik pada Selasa (24/1). Sidang terbuka Program Doktor digelar di Ruang Seminar Blok 1, Lt. 3 Universitas Nasional secara hybrid.

Dr. Siti Tuti Alawiyah, S.S., M.Hum., menyelesaikan kuliahnya di Universitas Hasanuddin Makassar Fakultas Ilmu Bahasa dengan mengangkat tema disertasi “Syncronizing English Teaching Materials With OBE In Reference to 21th Century Education”. Dalam disertasinya, Siti menjelaskan tentang latar belakang penelitian.

Dr. Siti Tuti Alawiyah, S.S., M.Hum., saat menjalani sidang terbuka di Universitas Hasaniddin.

“Penelitian ini diperlukan untuk menanggapi surat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang program MBKM dan revisi kurikulum yang harus memasukkan prinsip-prinsip OBE. Sejalan dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat ini, Nadiem Anwar Makarim, program tersebut dikenal dengan nama Merdeka Belajar, yang menitikberatkan pada penilaian kinerja siswa, rencana pembelajaran semester (RPS), dan zonasi sekolah”, jelasnya.

Dalam sidang doktoral yang diketuai oleh Dekan Fakultas Ilmu Bahasa Universitas Hasanuddin Makassar Prof. Akin Duli, M. A. Ia menyampaikan tujuan penulisan disertasi. “Melatarbelakangi revolusi industri 4.0, program pembelajaran mandiri untuk kampus mandiri dan permintaan buku teks bahasa Inggris yang memenuhi kebutuhan mahasiswa FISIP UNAS penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan mahasiswa FISIP UNAS dalam pembelajaran bahasa Inggris yang perlu ditingkatkan yang relevan dan berorientasi pada abad 21”, paparnya.

Setelah mengidentifikasi kebutuhan mahasiswa FISIP, Rencana berbasis mata kuliah/RPS semester pertama, silabus, dan buku teks bahan ajar bahasa Inggris harus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, dengan masukan dari target kebutuhan yang diperoleh dari mahasiswa, dosen bahasa Inggris, dan ketua program studi.  Akibatnya, siswa perlu meningkatkan keterampilan bahasa Inggris meliputi;  keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. “Singkatnya, materi yang diberikan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan umum mahasiswa dan kemampuan mereka untuk mendemonstrasikannya dalam bahasa Inggris, baik secara lisan maupun tulisan”, terangnya.

Baca Juga :   Siapkan Re-akreditasi Prodi Biologi, BPM Hadirkan Asesor Eksternal

Sidang ini dipromotori oleh Prof. Dr. Abdul Hakim Yassi., Dipl. TESL., M.A., turut hadir sebagai penguji Dr. Abidin Pammu, Dipl. TESOL.,M.A.m., Dra. Nasmilah, M. Hum., P. h D., Prof. Fathu Rahman, M. A., Prof. Manda, M. Phil, M. Hum., dan Dr. Sukmawaty, M. Hum. (TIN) 

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!