Meraih Gelar Doktor, Dosen FEB UNAS Angkat Topik Industri Pariwisata

Meraih Gelar Doktor, Dosen FEB UNAS Angkat Topik Industri Pariwisata

Jakarta (UNAS) – Dosen FEB UNAS kembali meraih gelar Doktor, yaitu Dr. Subur Karyatun, S.E., M.M., memperoleh gelar doktor dengan mengangkat topik pada bidang industri pariwisata. Dengan judul disertasi “Peran Risiko Sistematis dalam Memediasi Hubungan Antara Faktor Fundamental Terhadap Return Saham (Studi pada Sub Sektor Industri Pariwisata Periode 2015-2019)”.

Pada penelitiannya ini, ia menitikberatkan dari segi keuangan. “Kalau pariwisata biasanya menyangkut tentang pemasaran atau lainnya. Saya ambil tentang keuangannya,” ujar Subur. Lengkapnya, dalam penelitian ini terdapat empat variabel bebas (X1, X2, X3, X4), satu variabel intervening (Y1), dan satu variabel terikat (Y2).

Dr. Subur Karyatun, S.E., M.M.,
Dr. Subur Karyatun, S.E., M.M.,

Melalui kerjasama UNAS dan Universitas Hasanuddin, Makassar, Subur menjadi salah satu dosen yang terpilih untuk melanjutkan pendidikan S3. Ini juga sebagai salah satu upaya institusi dalam peningkatan karir khususnya bagi dosen tetap. Sejak 2018, Subur hanya membutuhkan waktu 6 semester untuk menyelesaikan studinya.

Namun dalam perjalannya meraih gelar doktor, Subur tetap mengalami kendala. “Kendala-kendalanya sih tentang pengujian. Ternyata datanya untuk perusahaan industri pariwisata itu masih sedikit. Saya nyari semua populasi ternyata yang melaporkan dan laporan keuangannya atau harga sahamnya yang lengkap saya dapat 19 yang secara lengkap,” jelasnya.

Ia juga memotivasi bagi para mahasiswa yang sedang menjalani tugas akhir atau skripsi. Bahwa untuk meneliti data, terdapat beberapa aplikasi uji data seperti SPSS, E-Views, dan WarpPLS. “Jadi untuk mahasiswa kalau penelitian-penelitian khususnya yang keuangan bisa nanti dengan olah datanya itu. Dengan olah data yang sesuai dengan alat ujinya, supaya lebih bagus hasilnya nanti baru pembahasan dari hasil-hasil itu,” tutur Subur.

Sidang promosi berlangsung pada Jumat (14/1/2022) secara tatap muka di ruang Auditorium FEB UNHAS, Makassar. Dalam sidang promosi, Subur dipromotori oleh Prof. Dr. Mahlia Muis, S.E., M.Si., serta co-promotor Dr. Abd. Razak Munir, S.E., M.Si., M.Mktg., dan Prof. Dr. Sumardi, S.E., M.Si.

Baca Juga :   Peringati Hari Lahan Basah Sedunia, Mahasiswa dan Alumni Biologi Edukasi Siswa SMA

Sementara penguji pada sidang promosi ini yaitu Prof. Dr. Abdul Rakhman Laba, S.E., MBA., Prof. Dr. Syamsu Alam, S.E., M.Si., Prof. Dr. Kartini, S.E., Ak., M.Si., CA., dan Dra. Andi Reni, M.Si., Ph.D. Turut hadir, Wakil AKA UNAS, Dr. Suryono Efendi, S.E., MBA., M.M., selaku penguji eksternal. (*ARS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!