Dapat Gelar Doktor Achmad Cik Berharap Disertasinya Dapat Jadi Acuan Para Peneliti Baru Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
FEB UNAS Tambah Dosen Bergelar Doktor

Jakarta (UNAS)- Dosen yang bergelar doktor bertambah lagi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional (FEB UNAS) ialah Achmad Cik yang berhasil mendapat gelar doktornya di Universitas Hasanuddin Makassar. Dengan disertasi yang berjudul “ANALISIS DETERMINAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI KNOWLEDGE MANAGEMENT, KEPUASAN KERJA DAN INOVASI PADA BANK RAKYAT INDONESIA CABANG PASAR MINGGU, JAKARTA SELATAN”, Achmad berharap bisa menjadi acuan para peneliti baru bidang Manajemen Sumber Daya Manusia.

“Setelah diuji menggunakan Structural Equation Model (SEM) model penelitian yang dikembangkan dalam penelitian ini terbukti memperkuat konsep-konsep teoritis dalam bidang Manajemen Sumber Daya Manusia. Konsep tersebut dapat menjadi acuan bagi para peneliti lain yang mungkin akan digunakan. Saya harap dapat terwujudnya penelitian di bidang Manajemen Sumber Daya Manusia yang saling berkelanjutan dan bersinergi bagi organisasi dalam mendukung peningkatan kinerja karyawan.” Jelasnya

Sidang promosi doktor yang digelar pada Rabu (18/5) menghadirkan Prof.Dr. Muhammad Asdar, SE, MSi sebagai Promotor; Dr. AnasIswanto Anwar, SE, MA, CWM sebagai Kopromotor I dan Dr. Suryono Efendi, SE,MM. sebagai Kopromotor II. Selain itu, hadir pula Prof. Dr. Abdul Rahman Kadir, SE,MSi. sebagai penguji utama., Prof. Dr. Syamsu Alam, SE, MSi., Dr.Nurjanah Hamid, SE, M.Agr sebagai penguji internal dan Prof.Dr. Eko Sugiyanto, MSi. sebagai penguji eksternal.

Dalam disertasinya, Achmad menerangkan bahwa dengan menggunakan analisis Determinan Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan Melalui Knowledge Management, Kepuasan Kerja dan Inovasi Pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Pasar Minggu Jakarta Selatan, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap knowledge management.

“Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan PT.Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Pasar Minggu Jakarta Selatan, berdasarkan metode sampling dengan rumus Taro Yamane. Data dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap knowledge management.” Papanya.

Menurutnya, melalui penelitian ini hasil penelitian bisa diimplementasikan untuk mendorong PT.Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk meningkatkan kinerja karyawan. “Implikasi dari penelitian ini berkontribusi untuk mendorong PT.Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk meningkatkan kinerja karyawan melalui kompetensi karyawan melalui knowledge management, job satisfaction dan inovasi.” Pungkasnya. (*TIN)

 

Berita Terbaru
Chat with Us!