Jawa Barat Gunakan Aplikasi Pilkobar untuk Pantau Pasien Corona

Jakarta – Pemerintah Jawa Barat meluncurkan Pusat Informasi dan Koordinasi Covid 19 Jabar atau Pikobar dalam bentuk aplikasi. Layanan informasi masyarakat Jabar untuk mengetahui sebaran kasus virus corona tersebut sudah bisa diunduh melalui Google Playstore.

Pikobar adalah tempat bertanya dan aduan masyarakat tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan wabah covid-19 tersebut.

“Pikobar adalah sebuah sistem di mana warga bisa mengunduh dan mendapatkan informasi akurat terkait Covid-19. Ini adalah portal data yang dibutuhkan. kita visualisasikan dengan interaktif dan informasi terbaru,” kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meresmikan aplikasi Pikobar di kantor Command Center, Jumat (20/3).

Di dalam aplikasi tersebut tersaji informasi harian terkait virus corona. Mulai dari perkembangan jumlah orang dalam pasien (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), hingga pasien positif yang datanya dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah.

“Jadi masyarakat tidak perlu bertanya-tanya, bisa lewat handphone, ada nomor darurat yang bisa diakses masyarakat ke Pikobar adalah 119 atau 08112093306,” ujar pria yang akrab disapa Emil itu.

Lewat aplikasi ini, warga juga bisa menyalurkan bantuan terhadap pasien atau keluarga yang terkena corona. Sebab, aplikasi ini tersambung dengan kitabisa.com.

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200320153608-185-485399/aplikasi-pikobar-bisa-pantau-pasien-corona-di-jawa-barat