UNAS Adakan PLBA untuk Mahasiswa Baru

Jakarta (UNAS)- Melanjutkan kegiatan rutin yang diadakan setiap semester, Universitas Nasional kembali menggelar Pengenalan Lingkungan Kampus dan Budaya Akademik (PLBA) untuk menyambut mahasiswa baru semester genap tahun ajaran 2018/2019. Tahun ini merupakan PLBA ke dua yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Character Building. Menurut Ketua Panitia Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T tidak ada alasan khusus kenapa Character Building di ganti dengan istilah PLBA. Iskandar juga menjelaskan seiring berkembangnya kebutuhan mahasiswa dalam memasuki perguruan tinggi, PLBA dirasa sangat diperlukan mahasiswa baru untuk mengenal UNAS dan Lingkunganya.

Para peserta mendengarkan dengan seksama materi yang diberikan oleh kepala Biro Administrasi Akademik Dra. Sri Handayani, M.Si. dalam kegitan PLBA UNAS, di Jakarta, (21/3)

“Jadi, konsep PLBA yang dulu disebut Character Building sudah diganti dengan PLBA atau Pengenalan Lingkungan Kampus dan Budaya Akademik, yang intinya sama yaitu memberikan pemebekalan kepada mahasiswa baru mengnai  pembelajaran di kampus khususnya Uninersitas Nasional,” jelas Iskandar yang merupakan Wakil Rektor Bidang Akademik. Selama kegiatan berlangsung, para peserta PLBA diberikan materi oleh instruktur yang merupakan  dosen UNAS. Materi yang disampaikan meliputi Akademik, Hak dan Kewajiban, Kegiatan Kemahasiswaan, Keunasan dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Kegiatan pengenalan kampus yang diikuti oleh 388 mahsiswa baru ini, merupakan kegiatan untuk mahasiswa baru guna memahami sistem belajar,  peraturan yang ada di UNAS dan merupakan salah satu prasyarat untuk menambah poin Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) dalam bentuk sertifikat. Dalam kegiatan PLBA yang berlangsung selama dua hari pada (21-22/19) ini, para peserta juga mendapatkan handbook berupa compact disc (CD) supaya mahasiswa beru lebih paham mengenai materi yang instruktur berikan di kelas masing-masing.

“Nantinya peserta PLBA atau mahasiswa baru akan diberikan CD, hampir semua materi  ada di handbook, dari  mulai proses belajar sampai dia lulus nantinya  sudah dalam bentuk elektronik dalam bentuk CD,” imbuh Iskandar.

Ditemui usai kegiatan, salah satu peserta PLBA , Sultan mengatakan ia begitu antusias dan banyak mendapatkan hal positif dari PLBA. “Saya baru saja mengikuti kegiatan PLBA, kegiatanya menarik saya jadi kenal banyak teman dari prodi lain dan sangat bermanfaat untuk mahasiswa baru seperti saya.” tutup mahasiswa program studi Sastra Indonesia itu. (*TIN)