Tumbuhkan Kepedulian Mahasiswa Terhadap Isu Politik, Himakom Selenggarakan Seminar Nasional

Jakarta (Unas) – Tahun ini, Indonesia memasuki tahun politik dimana proses pemilu sudah mulai dilaksanakan. Pada tahun politik 2024 ini pemilih di Indonesia akan didominasi oleh para pemilih muda yang sebagian besar suara datang dari anak-anak muda. Bertepatan dengan momen ini Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himakom) Fisip Unas menyelenggarakan Seminar Nasional Komunikasi Politik untuk memberikan pemahaman mengenai politik di Indonesia dan menumbuhkan rasa kepedulian untuk berpartisipasi dalam pemilu 2024.

Kegiatan yang difokuskan kepada kaum muda ini mengangkat tema “Meningkatkan Rasa Kepedulian Mahasiswa Terhadap Isu Politik Dalam Sisi Komunikasi”. Adapun kegiatan ini juga mengundang pembicara untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa. Mereka adalah Dosen Ilmu Komunikasi Unas Umar Fauzi Bahanan, S.Sos., M.Si., Chief Executive Officer Lynakanna jaya Utama/Politisi Muda Kenang Mirdad dan Influencer Politik Rian Fahardhi.

Acara ini juga turut dihadiri oleh Wakil Dekan FISIP Bidang Kemahasiswaan dan Administrasi Umum Dr. Aos Yuli Firdaus, S.I.P., M.Si., Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Unas Drs. Adi Prakoso, M.Si., Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi Unas Nursatyo, S.Sos., M.Si. dan para dosen dilingkungan Program Studi Ilmu Komunikasi

Acara ini diawali dengan persembahan tari tradisional oleh Srikandi Maheswati dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.

Wakil Dekan FISIP Bidang Kemahasiswaan dan Administrasi Umum Dr. Aos Yuli Firdaus, S.I.P., M.Si.

Wakil Dekan FISIP Bidang Kemahasiswaan dan Administrasi Umum Dr. Aos Yuli Firdaus, S.I.P., M.Si., mengatakan sebagai mahasiswa Fisip perlu mengetahui tahapan tahapan pemilu seperti apa dan bagaimana. Selain itu, sebagai mahasiswa juga harus aware dan paham mengenai gelaran lima tahunan itu serta harus menjadi partisipan aktif.

“Aktif dalam arti dihari H nanti, datang ke TPS mencoblos sesuai dengan apa yang kalian pilih jangan menjadi kelompok yang apatis atau kelompok yang golput. Jangan ya, karena suara kita menentukan nasib dan masa depan bangsa,” kata Aos dalam sambutannya di Auditorium Unas pada Sabtu, 1 Juli 2023.

Baca Juga :   Kenalkan Peran Primata Bagi Kehidupan, PRP dan FSP Unas Selenggarakan Talkshow “Wonderful Indonesian Primates”

Diakhir sambutan singkatnya, Ia mengapresiasi para panitia yang telah menyelenggarakan seminar nasional ini. “Kami dari Fakultas mengapresiasi atas pelaksanaan seminar hari ini mudah-mudahan dapat berjalan dengan baik lancar dan membawa manfaat untuk kita semua nya,” ungkapnya.

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Unas Drs. Adi Prakoso, M.Si., mengatakan tema yang diangkat cukup menarik dan dianggap urgen dan perlu didiskusikan. Ia melanjutkan, sebagai mahasiswa dibawah naungan Fisip perlu keaktifan dan berperan dalam proses-proses politik itu  sendiri.

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Unas Drs. Adi Prakoso, M.Si.,

Ia juga mengatakan, mahasiswa juga perlu memahami kondisi lingkungan di sekitarnya berkenaan dengan pemilu 2024. Misalnya memberikan edukasi dalam konteks pemilu 2024 di media sosial dan perlu juga memperhatikan cara komunikasinya agar pembaca atau pendengar dapat memahami apa yang dimaksud.

Adi juga mengingatkan agar mahasiswa juga berperan mengawasi media-media yang digunakan oleh anak muda. “Cermati media-media komunikasi termasuk tempat-tempat nongkrong sehingga pembicaraan tentang isu-isu politik itu berjalan dengan baik dan benar sesuai peraturan di Indonesia,” jelasnya.

Setelah sesi sambutan, acara dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi yang diawali oleh adalah Dosen Ilmu Komunikasi Unas Umar Fauzi Bahanan, S.Sos., M.Si. dengan menyampaikan materi tentang ‘Pentingnya Pendidikan Politik Bagi Indonesia’, kemudian Chief Executive Officer Lynakanna jaya Utama/Politisi Muda Kenang Mirdad tentang ‘Peran Media Sosial Sebagai Sarana Dalam Menangkal Hoax Akan Isu Birokrasi Politik ‘ dan terakhir Influencer Politik Rian Fahardhi ‘Penanaman Karakter Mahasiswa Dalam Mempersiapkan Pembangunan Politik Di Era Society 5.0

Dalam acara ini juga menampilkan stand up comedy yang dibawakan oleh Fikriskoy. Adapun peserta yang hadir merupakan mahasiswa dari kampus Unas sendiri dan juga kampus lain di wilayah Jakarta. (*DMS)

Baca Juga :   SEMINAR DAN DISKUSI ORANGUTAN TUANAN SEBELUM SESUDAH KEBAKARAN
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!