Kenalkan Peran Primata Bagi Kehidupan, PRP dan FSP Unas Selenggarakan Talkshow “Wonderful Indonesian Primates”

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta (Unas) – Dalam rangka memperingati Dies Natalis Universitas Nasional (Unas) ke 73, Fakultas Biologi melalui Pusat Riset Primata (PRP) yang bekerjasama dengan Badan Studi Otonom “LUTUNG” Forum Studi Primata (FSP) Unas menyelenggarakan kegiatan talkshow yang berjudul “Wonderful Indonesian Primates” pada Sabtu, (3/12) di Ruang Seminar Gedung Menara Unas I, Ragunan.

“Talkshow ini diselenggarakan dalam rangka dies natalis Unas ke 73 dengan penyelenggaranya yaitu Pusat Riset Primata (PRP) Unas dan Badan Studi Otonom “LUTUNG” Forum Studi Primata (FSP) Unas dengan tema Wonderful Indonesian Primates’,” kata Wakil Dekan Fakultas Biologi Unas Dr. Sri Endarti Rahayu, M.Si., dalam sambutannya secara daring.

Ia menambahkan, dalam talkshow ini akan membahas berbagai isu tentang primata Indonesia yang akan dibahas oleh narasumber yaitu dosen dan mahasiswa dari fakultas biologi Unas.

“Dari talkshow ini kita harapkan banyak temuan dan informasi yang berharga dari hasil penelitian yang dilakukan dan diskusi nanti dari berbagai institusi yang hadir pada hari ini jadi saling bertukar informasi di antara para peneliti sehingga kedepannya dapat terwujud kerja sama yang erat untuk memajukan penelitian tentang Indonesian Primates ini”,  tuturnya.

Primata merupakan salah satu komponen ekosistem yang memiliki nilai penting bagi kelangsungan keberadaan hutan dan kehidupan manusia. Peran primata bagi kelestarian ekosistem hutan antara lain sebagai pemencar biji vegetasi hutan, mediator penyerbukan dan penambah volume humus untuk kesuburan tanah.

Kehidupan primata memberikan banyak kontribusi untuk keberlanjutan hidup manusia. Namun pada saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui peran primata bagi kehidupan manusia dan kedudukan satwa tersebut dalam melestarikan alam. Edukasi kepada generasi muda juga sangat penting untuk meningkatkan pemahaman terhadap pentingnya upaya konservasi.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PRP dan Pembina FSP Sri Suci Atmoko, Ph.D., menyampaikan menyambut baik kegiatan yang mengenalkan peran penting primata Indonesia ini. Ia juga mengatakan bahwa Indonesia dianugerahi dengan kekayaan biodiversitasnya sehingga hal ini patut disyukuri.

Salah satu kekayaan itu, kata Suci adalah primata Indonesia yang akan dibahas pada talkshow ini. Ia pun berharap, talkshow ini bisa menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai peran penting primata Indonesia bagi  kehidupan.

“Harapan kami talkshow ini bisa menambah wawasan bagi kita semua,” ucap Suci melalui zoom.

Acara yang diselenggarakan secara hybrid ini turut menghadirkan narasumber yaitu Dosen Fakultas Biologi Unas Dr. Fitriah Basalamah, M.Si., Forum Orangutan Indonesia Fajar Saputra, M.Si., Mahasiswi Fakultas Biologi Unas Aditya Nurrahma Badri dan Mahasiswa Fakultas Biologi Unas Moch. Fahri Ibrahim Tanuwijaya.

Kegiatan ini juga turut mengundang siswa/i sekolah yang hadir secara online dan onsite. Tidak hanya talkshow, acara ini juga menggelar pameran foto dan bazaar. (*DMS)

Berita Terbaru
Chat with Us!