Tingkatkan Kualitas Dosen, FIKES Gelar Pelatihan Metode Penelitian dan Biostatistik

JAKARTA – Dalam rangka meningkatkan kemampuan dosen dalam bidang penelitian, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional (FIKES UNAS) mengadakan pelatihan ‘Metode Penelitian dan Statistik Kesehatan’, Kamis (9/11). Kegiatan yang berlangsung di Ruang Seminar Blok 1 Lantai 3 UNAS ini diikuti oleh 28 dosen dari program studi kebidanan dan ilmu keperawatan.

Dalam sambutannya, Dekan FIKES  Dr. Retno Widowati, M.Si menyampaikan bahwa dengan kegiatan ini diharapkan  para dosen FIKES dapat meningkatkan kemampuannya dalam bidang statistik dan metode penelitian.

“Saya harap para dosen juga dapat bertukar pikiran mengenai sumber referensi buku yang satu dengan buku lainnya. Mudah-mudahan program dari FIKES ini terus berlangsung dan kami bisa bersama-sama membangun fakultas ilmu kesehatan,” imbuhnya setelah memimpin pembacaan doa, Kamis, (9/11).

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00-16.00 WIB ini dilaksanakan sebanyak 2 kali yaitu pada tanggal (2/11), dengan materi mengenai konsep-konsep dasar isu penelitian terkini, penelitian kualitatif dan kuantitatif, strategi penelusuran pemilihan dan penulisan referensi berupa Jurnal dan E-book, serta strategi pembuatan roadmap penelitian.

Adapun materi pada minggu kedua, (9/11) yaitu mengenai pengenalan metode-metode statistik, pengenalan skala pengukuran, statistik parametrik dan non parametrik, pengenalan software, serta uji validitas dan reliabilitas.

Dalam paparannya, Ns. Asyiah, S.Kep, M.Kep, Sp.Kom mengungkapkan bahwa statistik mempunyai kegunaan yang sangat penting dalam bidang kesehatan, diantaranya untuk mengukur status kesehatan masyarakat, mengetahui masalah kesehatan, serta membandingkan status kesehatan disatu tempat dengan tempat yang lain.

“Sebenarnya masih banyak kegunaan yang lain. Evaluasi dan monitoring kegagalan dan keberhasilan program kerja yang dilaksanakan juga hal yang penting, selain itu untuk keperluan estimasi tentang kebutuhan pelayanan kesehatan, perencanaan program kerja kesehatan, serta keperluan research dan publikasi masalah-masalah kesehatan,” imbuh Asyiah selaku dosen FIKES. 

Ditemui usai kegiatan, ketua pelaksana dalam kegiatan ini, Risza Choriunnnisa. SSIT. M.KM. mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menyamakan persepsi bagi para dosen supaya berada dalam satu pemikiran dalam membimbing mahasiswa.

“Sebenarnya kami bebas membawa sumber referensi dari buku yang satu dengan buku yang lain, namun penting bagi kami juga untuk menyamakan persepsi karena diantara buku yang satu dengan buku yang lain pasti berbeda. Makanya kegiatan ini dari kita, oleh kita, dan untuk kita,” ungkapnya.

Dosen dari program studi kebidanan itu juga menyampaikan bahwa manfaat yang didapat dari kegiatan ini sangat bagus mengingat adanya respon yang sangat baik dari para dosen. Kegiatan ini, lanjutnya, telah menggali semua masalah dosen terutama dalam metode penelitian.

“Saya harap  kegiatan ini dapat berlangsung secara kontinyu karena sangat bermanfaat apalagi jika ada materi baru yang terkait dengan bimbingan mahasiswa. Selain itu, melalui kegiatan ini juga kami para dosen dapat terus meningkatkan kualitas dan pengetahuan,” tutur Risza.