Rayakan Pekan Bahasa Italia yang Ke 22 Tahun, Eratkan Hubungan Bilateral UNAS Dengan Kedutaan Italia

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta (UNAS)- Kerjasama Universitas Nasional dengan kedutaan Besar Republik Itali sudah berlangsung sejak tahun 2009, berbasis pada kerjasama pendidikan dan kebudayaan. Dengan adanya kerjasama tersebut, UNAS melalui Program Studi Sastra Inggris mendapat kesempatan untuk mengembangkan Bahasa Italia dengan kontribusi dari Pemerintah Italia. Kesempatan ini menjadi wadah bagi Prodi Sastra Inggris untuk mengeratkan hubungan bilateral Universitas Nasional dengan Pemerintah Italia melalui Kedutaan Besar Italia dan Pusat Kebudayaan Italia di Jakarta (Istituto Italiano di Cultura, Jakarta) dengan Webinar Pekan Bahasa Italia yang Ke 22 Tahun.

Pengajaran Bahasa Itali telah diadopsi oleh Fakultas Bahasa dan Sastra sebagai Matakuliah Pilihan Fakultas yang dapat diikuti oleh mahasiswa Prodi Sastra Inggris, Prodi Sastra Jepang, Prodi Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa Korea. Dengan jumlah kredit yang ditawarkan sebesar 4 sks, dengan nama matakuliah Bahasa Italia Praktisi I dan II dengan pengajar adalah penutur asli/ native-speaker rekomendasi dari Pusat Kebudayaan Italia (IIC).

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Universitas Nasional (Unas) Dr. Suryono Effendi, S.E., M.B.A. M.M., menyampaikan bahwa kegiatan Hybrid Webinar Bahasa Italia yang dilaksanakan merupakan bagian dari penunjang pengajaran Bahasa Italia di UNAS. “Melalui seminar ini diharapkan mahasiswa khususnya yang mengambil mata kuliah Bahasa Itali mendapatkan pemahaman lebih mendalam tentang Bahasa Italia dan Konteks budayanya serta bisa mendapatkan kesempatan langsung untuk berinteraksi dengan para penutur asli”, katanya.

Ia melanjutkan, “kedepannya semakin banyak program yang bisa dilaksanakan bersama termasuk juga kesempatan bagi mahasiswa UNAS untuk kuliah di Universitas di Itali”.

Pada kesempatan yang sama, Maria Battaglia, Director of Italian Cultural Institute, Istituto italiano di Cultura Jakarta menyampaikan Pekan Bahasa Italia di Dunia adalah inisiatif untuk mempromosikan bahasa Italia yang dilakukan oleh jaringan budaya dan diplomatik Kementerian Luar Negeri dan Kerjasama Internasional di bawah Perlindungan Tinggi Kepresidenan Republik Italia. “Setiap tahunnya merayakan Bahasa Italia dan Kreatifitas di Dunia, Bahasa Itali merupakan bahasa yang indah melalui musiknya. Kegiatan ini merupakan kegiatan Edisi 22 yang berlangsung dari 17 hingga 23 Oktober 2022 dan akan mengangkat tema Italia dan kaum muda”, terangnya.

Maria juga menambahkan kegiatan THE 22nd WEEK OF THE ITALIAN LANGUAGE IN THE WORLD “Italian Language in Millennials” merupakan kegiatan untuk mempromosikan Bahasa dan Kebudayaan Italia ke seluruh dunia. “Dengan kegiatan seperti ini, Pemerintah Italia juga menyediakan beasiswa untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan belajar Bahasa Italia ke Universitas of Italy di Italia”. Pungkasnya.

Ia juga mengucapkan apresiasinya kepada Universitas Nasional yang telah menyelenggarakan kegiatan The 22nd Week of The Italian Language in The World. Kegiatan ini juga merupakan serangkaian acara Dies Natalis Universitas Nasional ke 73 tahun oleh Prodi Sastra Inggris.

Kegiatan webinar yang digelar secara hybrid mengundang narasumber dari Italia Paulo Rondinelli, dari SSML Carlo bo Bologna, Salvatore Cingari dan Federico Giordano dari University for Foreigner,Perugia berdikusi mengenai Sastrawan Italia Pier Paolo Pasolini yang dimoderatori oleh Antonietta Sireci. (*TIN)

 

Berita Terbaru
Chat with Us!