Perkuat Budaya Akademik, FTKI Kembali Selenggarakan 3MT Competition 2021/2022

Perkuat Budaya Akademik, FTKI Kembali Selenggarakan 3MT Competition 2021/2022

Jakarta (UNAS) – Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika Universitas Nasional (FTKI Unas) kembali selenggarakan Three Minute Thesis (3MT) Competition 2021/2022  pada Selasa, (22/3) melalui virtual meeting. Kompetisi ini memberikan tantangan bagi mahasiswa untuk mempresentasikan hasil skripsinya dalam waktu hanya tiga menit di hadapan dewan juri dan juga penonton dengan latar belakang yang beragam.

Harapannya peserta dapat melatih kemampuan untuk mengkomunikasikan temuan-temuan risetnya dengan metode yang menarik dan efisien. Kompetisi ini didesain untuk memperkuat budaya akademik dan diseminasi penelitian tidak hanya pada kalangan civitas akademika, namun juga masyarakat umum secara luas.

Dekan FTKI Dr. Septi Andryana, S.Kom. MMSI mengatakan, “Kompetisi ini merupakan kedua kalinya diselenggarakan oleh FTKI. 3MT kali ini diselenggarakan dalam rangka kelulusan FTKI Semester Ganjil 2021/2022.

Ia menambahkan bahwa, FTKI telah mendaftarkan nama Universitas Nasional sebagai host untuk kegiatan 3MT Competition.

“Kita (UNAS) sudah terdaftar sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang mendapatkan _licence dari Queensland University, Australia untuk menyelenggarakan kpmpetisi ini.

Dengan terdaftarnya sebagai penyelenggara 3MT Competition, Septi berharap nama UNAS dapat lebih dikenal di dunia internasional.

Sebagai penggagas kegiatan ini yaitu Bapak Benrahman, S.Kom, MMSI, dengan mengemas acara secara full online, baik pada saat presenter memaparkan hasil penelitiannya maupun pada penilaian Dewan Juri. Acara ini dipandu oleh Erina Rahmazani, S.Kom selaku host yang juga merupakan alumni dan staf sekretariat FTKI.

Dalam kegiatan ini, terdapat 12 mahasiswa yang lolos sebagai finalis, mereka mempresentasikan penelitiannya dengan berbagai macam topik penelitian. Setelah mahasiswa mempresentasikan penelitiannya, para juri segera memberikan penilaian secara real time dengan menggunakan aplikasi smart.ftki.

Adapun dewan juri yang dihadirkan adalah para dosen FTKI. Mereka adalah Prof. Iskandar Fitri, S.T., M.T., Dr. Fauziah, S.Kom., M.M.S.I., Dr. Agung Triayudi, S.Kom., M.Kom., Dr. Septi Andryana, S.Kom., M.M.S.I., Aris Gunaryati, S.Si., M.M.S.I., Andrianingsih, S.Kom., M.M.S.I., Ratih Titi Komala Sari, M.M., M.M.S.I., Ira Diana Sholihati, S.Si., M.M.S.I., Albaar Rubhasy, S.Si., M.T.I., dan Sigit Wijanarko, S.T., M.Kom.

Baca Juga :   Masuk  Dalam Tahap ke-2, Mahasiswa UNAS Siap Jadi Pemenang di NUDC 2020.
Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T.
Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T.

Dalam kesempatan itu, Guru Besar FTKI Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T., menyampaikan bahwa dengan ikut serta dalam kegiatan ini mahasiswa mampu mendorong dirinya untuk melangkah maju. Menurutnya, hal ini dapat menjadi bekal mahasiswa saat terjun ke dunia kerja nantinya.

Acara ditutup dengan pengumuman pemenang Competition Three Minutes Thesis yaitu juara pertama diraih oleh Sri Intan Maharani dengan judul penelitian “Aplikasi Food Sharing Menggunakan Metode Haversine dan Algoritma K-means” dan berhak membawa pulang hadiah berupa uang tunai sebesar 1.500.000, juara kedua diraih oleh Melati Indah Petiwi dengan judul penelitian “Analisis Sentimen GoFood Berdasarkan Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes dan Support Vector Machine” dan berhak membawa pulang hadiah berupa uang tunai sebesar  1.250.000.

Dan juara ketiga diraih oleh Nabila Ananda Pratiwi dengan judul penelitian “Analisis dan Perancangan Sistem E-Order Menu Berbasis Mobile Web Menggunakan Metode PIECES” dan berhak membawa pulang hadiah berupa uang tunai sebesar  1.000.000. Dan masih ada enam pemenang yang masing-masing mendapat juara harapan dan juara terfavorit. Sementara bagi yang tidak menang, mendapatkan voucher kuota internet senilai 100 ribu rupiah. (*DMS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!