Bangun Kreativitas dan Jiwa Kompetensi Mahasiswa Melalui Bazar Kewirausahaan

Jakarta (Unas) – Sebagai upaya membangun kreativitas jiwa kompetensi mahasiswa mengenai suatu produk, Universitas Nasional (Unas) kembali menghelat bazar kewirausahaan, pada Rabu dan Kamis, (8-9/01). Bazar ini merupakan kegiatan rutin dari implementasi praktik ujian akhir semester (UAS) setiap mahasiswa yang mengambil mata kuliah wajib kewirausahaan.

“Kreativitas dan Inovasi itu menjadi hal yang penting di kalangan mahasiswa. Termasuk dalam bidang produk seperti berani untuk menciptakan barang yang memiliki nilai tambah. Maka dari itu bazar ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk bisa mengembangkan diri dengan menjadi seorang wirausaha agar mereka memiliki jiwa kompetensi dalam hal tersebut,” ujar dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan Unas, Dra Dwi Andayaningsih, MM, M.Si saat ditemui disela-sela bazar pada Kamis (9/01).

Disinggung mengenai kriteria penilaian, Dwi mengatakan, selain kreativitas dan inovasi, kebersihan stand dan kerjasama tim juga merupakan tolak ukur penilaian. Setelah itu baru nilai presentai mahasiswa mengenai produk tersebut. Penilaian dilakukan oleh semua dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan dengan mengelilingi stand pada saat bazar berlangsung.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Zainul Djumadin, M.Si. mengatakan, bazar ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi mahasiswa sehingga bisa terciptanya jiwa entreprenur muda di kalangan mahasiswa. “Semoga bazar ini tidak berhenti pada mata kuliah saja, tapi bisa berkelanjutan sehingga bisa bermanfaat bagi kalian,” ungkapnya saat penutupan bazar, Kamis (9/01).

Ketua Pelaksana kegiatan ini, Ayatullaj Arsy Amirarasy juga mengatakan, bazar ini diikuti oleh 260 stand dari mahasiswa kelas karyawan dan reguler. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk berdagang dari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Kegiatan ini diakhiri dengan pengumuman pemenang bazar yang memperoleh poin paling tinggi. Adapun produk-produk yang berhasil memikat perhatian juri ialah daur ulang plastik sebagai juara harapan III, naget kulit pisang sebagai juara harapan II, penyiaraman tanaman otomatis sebagai juara harapan I, sagiuma food sebagai juara III, repair now sebagai juara II, dan game sebagai juara I.

Para pemenang mendapatkan hadiah berupa piala yang diberikan langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan para dosen kewirausahaan.