Kenalkan Jamur Makro Kepada Siswa, Fabiona Selenggarakan Simposium dan Eksplorasi di Lapangan

Jakarta (Unas) – Dalam rangka memeriahkan Dies Natalis Universitas Nasional (Unas) ke -73, Fakultas Biologi Unas (Fabiona) menyelenggarakan Simposium dan Eksplorasi Jamur Makro bertajuk “Bersinergi Dengan Generasi Muda Dalam Pemanfaatan Jamur Makro Untuk Masa Depan Yang Gemilang”. Acara Simposium dilaksanakan di kampus Unas ruang aula blok 1 Lt.4 pada Selasa (13/12/2022) sedangkan eksplorasi jamur dilakukan di Taman Srengseng pada Rabu (14/12/2022).

Adapun tujuan acara simposium dan eksplorasi ke lapangan adalah untuk memberikan pemahaman kepada siswa SMA dan guru pendamping tentang kekayaan sumber daya hayati Indonesia. Khususnya yaitu jamur makro yang dapat digunakan sebagai sumber pangan sehat, bergizi dan juga sebagai bahan untuk pengobatan.

Foto bersama dalam acara Simposium bertajuk “Bersinergi Dengan Generasi Muda Dalam Pemanfaatan Jamur Makro Untuk Masa Depan Yang Gemilang” di Ruang Aula Blok 1 Lt.4 pada Selasa (13/12/2022)

“Kegiatan pada hari ini merupakan simposium yang dilakukan oleh fakultas biologi Unas dan akan dilanjutkan besok ada eksplorasi ke Hutan Kota Srengseng. Dimana acara ini untuk mengenalkan jamur makro kepada siswa/i sekolah,” ujar Dekan Fakultas Biologi Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si., dalam sambutannya.

Tatang menambahkan, simposium yang diselenggarakan akan membahas seputar jamur makro yang penggunaannya bukan hanya dikonsumsi saja tapi bisa digunakan untuk menjadi obat. Sementara dalam eksplorasi ke lapangan, siswa/i akan diajak melihat langsung jamur makro. “Untuk itu, pada hari ini mahasiswa dan siswa/i diberikan materi tentang jamur dan kemudian besok kita melihat dilapangan bagaimana bentuk jamur,” katanya.

Simposium ini menghadirkan narasumber yang akan membahas seputar jamur diantaranya Guru Besar Fakultas Biologi Unas/ Anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) Prof. Dr. Endang Sukara, Dosen Mikrobiologi Fakultas Biologi Unas Dra. Noverita, M.Si., Alumni Fakultas Biologi Unas Tahun 2021/2022 Jim Ron, S.Si. dan Alumni Fakultas Biologi Unas Tahun 2021/2022 Stefan Martinus, S.Si. yang dimoderatori oleh Dosen Fakultas Biologi Unas Drs. Gautama Wisnubudi, M.Si.

Baca Juga :   Eksistensi Sosiologi Fisip Unas dalam Konferensi Nasional Sosiologi V

Simposium dilaksanakan hybrid dan dihadiri 200 orang secara onsite dan  70 orang hadir secara online. Sementara pada eksplorasi di lapangan berjumlah 50 orang. Selain itu, acara ini juga menyelenggarakan kompetisi foto jamur untuk siswa/i sekolah dan mahasiswa.

Ketua Panitia Dr. Sri Endarti Rahayu, M.Si. turut menyampaikan terima kasih kepada pihak yang telah membantu mensukseskan acara simposium dan eksplorasi di lapangan. “Simposium ini akan membahas berbagai makalah tentang pemanfaatan jamur makro dalam berbagai bidang dan kita harapkan banyak temuan-temuan informasi berharga dari hasil penelitian yang telah dilakukan dan yang ada pada diskusi hari ini,” ucap Sri Endarti yang juga Wakil Dekan Fakultas Biologi Unas.

Eksplorasi Jamur

Eksplorasi jamur dimulai pada pukul 09.00 WIB. Eksplorasi dibagi menjadi empat tim dimana satu tim didampingi oleh panitia untuk menjelaskan jamur-jamur yang ada di Hutan Kota Srengseng.

Saat eksplorasi jamur berlangsung pada Rabu (14/12/2022) di Hutan Kota Srengseng, Jakarta Barat

Ikut juga para dosen biologi Unas yaitu Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si., Dr. Sri Endarti Rahayu, M.Si., Dra. Noverita, M.Si., Drs. Gautama Wisnubudi, M.Si., Astri Zulfa, M.Si., Dra. Hasni Ruslan, M.Si., dan Dr. Harini Nurcahya Mariandayani, M.Si.

Para peserta berkeliling taman kota untuk menemukan jamur. Peserta nampak antusias mengikuti kegiatan eksplorasi. Salah satu peserta yaitu Danta siswa dari SMA Citra Alam mengungkapkan bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi dirinya karena Ia bisa belajar lebih banyak lagi tentang jamur yang sebelumnya belum Ia ketahui dan pelajari.

Sementara itu, Gazala Julena siswi dari SMAN 94 Jakarta mengatakan ini baru pertama kalinya Ia melakukan eksplor di Hutan Kota Srengseng. Ia juga mengatakan bahwa kegiatan eksplorasi sangat berkesan baginya karena dengan mengikuti kegiatan ini Ia bisa mengetahui macam-macam jamur dan dapat mempelajarinya. (*DMS)

Baca Juga :   Training & Sertification General Safety
Bagikan :
Berita Terbaru
Pengumuman

Informasi Pengambilan KTM

  PENGUMUMAN Disampaikan Kepada Mahasiswa Angkatan 2022 Yang Masuk Pada Semester Ganjil Maupun Genap Dan Mahasiswa Angkatan 2023 Semester Ganjil.

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!