UNAS Tingkatkan Prestasi Lewat Monitoring dan Evaluasi Dosen

JAKARTA – Dalam perkembangan dunia pendidikan yang semakin mengglobal dan kompetitif, setiap lembaga institusi pendidikan termasuk Universitas Nasional (UNAS) membutuhkan tenaga pengajar yang berprestasi tinggi. Pada hal ini, setiap tenaga pengajar memerlukan umpan balik atas kinerja yang dilakukan seperti Monitoring dan Evaluasi dengan tujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas demi kemajuan segala aktivitas akademis perguruan tinggi.

Guna mendukung hal tersebut, Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Universitas Nasional sebagai penanggung jawab dalam pengembangan dan peningkatan kualitas serta jenjang kepangkatan para pengajar dilingkungan UNAS, mengundang Kopertis Wilayah III Jakarta untuk menjelaskan proses peningkatan jenjang kepangkatan dosen.

Dalam hal ini, sebanyak 5 anggota dari Kopertis Wilayah III Jakarta melakukan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) terhadap 23 dosen Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ditempatkan di Universitas Nasional (UNAS), pada Rabu (9/05) di Aula Blok I Lantai IV UNAS.

“Pada kesempatan ini kami mendorong dosen-dosen PNS di UNAS supaya mereka dapat naik pangkat dan golongan. Jika memang ada kendala selama mengajar akan kami bantu dan berikan solusi. Semua ini dilakukan demi tercapainya kinerja yang maksimal sebagai seorang tenaga pengajar,” ujar Kepala Sub Bagian Kepegawaian Kopertis Wilayah III Jakarta, Rini Hartanti saat ditemui usai kegiatan.

Menurut Rini, kriteria penilaian yang diambil diantaranya adalah Sasaran Kinerja Pegawai, Kehadiran, dan Beban Kinerja Dosen. Selain itu, penulisan jurnal ilmiah dan ijazah yang linier bisa menambah poin bagi dosen untuk dapat naik pangkat, mulai dari asisten ahli, lektor, lektor kepala, hingga Guru Besar atau yang sekarang disebut Profesor.

Sementara itu, Staff Bagian Pengembangan Sumber Daya Manusia UNAS, Heru Dian Setiawan, S.T., M.Si. mengatakan bahwa dalam pelaksanaan MONEF ini  SDM sebagai media penghubung antara para dosen pengajar dan asisten ahli hanya dalam hal administratif. Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kinerja dosen UNAS setiap tahunnya. Tak hanya itu, kualitas dosen yang baik juga akan meningkatkan prestasi mahasiswa kedepannya hingga dapat terciptanya lulusan UNAS yang berkualitas.

“Langkah selanjutnya setelah MONEV ini tetap saja dosen UNAS akan terus bersinergi meningkatkan kualitas bagi jangka panjang, sehingga untuk kedepannya dosen UNAS bisa memperoleh penghargaan satya lencana atas dedikasi dan kesetiaannya sebagai pengajar yang baik,” imbuhnya.

Kegiatan yang berlangsung pada pukul 10.00 hingga 15.00 WIB itu juga dihadiri oleh Analisis Organisasi dan Tata Laksana Kopertis Wilayah III Jakarta, Taufan Setyo Pranggono, Pengadministrasi Umum, Santosa, serta  Pengelola Kepegawaian, Herlina dan Agung Permana N.(*NIS)