Himasi Ajak Mahasiswa Kembangkan Data Science

Jakarta (UNAS) – Perkembangan data science di Indonesia telah menjadi satu kebutuhan yang sangat penting bagi sebagian masyarakat Indonesia modern saat ini. Tidak hanya diterapkan dalam bidang jasa saja tetapi data science juga sudah diterapkan pada sektor bisnis, kesehatan, pemerintahan, keuangan, dan lain sebagainya.

Melihat perkembangan ini, Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika (FTKI) melalui Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMASI) menggelar seminar bertajuk “Building Your Career With Data Science” pada jumat (17/3) di Aula Blok 1 lantai 4 Universitas Nasional (UNAS).  Acara ini bertujuan memberikan motivasi kepada mahasiswa  serta masyarakat umum untuk memanfaatkan peluang yang ada dalam pembangunan maupun peluang karir, dengan harapan mampu membuat para pelaku termotivasi untuk bekerjasama  dalam mengembangkan data science di Indonesia.

Dalam sambutannya Ketua Program Studi Sistem Informasi Irmawati, S.Kom., MMSI mengungkapkan harapannya agar para mahasiswa dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang data science sehingga termotivasi untuk mengembangkan ide nya dalam berkreatifitas khususnya dibidang Information and Technology (IT). “melalui seminar ini mahasiswa dapat mengenal dan mempelajari tentang data science serta mengetahui peluang berkarir dalam bidang data science, lalu harapannya saya kalian bisa termotivasi untuk mengembangkan data science di Indonesia,” ucapnya.

Hadir sebagai narasumber, Head Of data Science Indonesia Community Alamsyah Koto Hanza mengatakan data science merupakan ilmu pengetahuan interdisiplin tentang metode komputasi untuk mendapatkan wawasan berharga yang dapat ditindaklanjuti dari kumpulan data yang mencakup tiga fase yaitu desain data, mengumpulkan data, dan analisis data. “Data science merupakan ilmu baru yang perkembangannya dalam penggunaan teknologi  dituntut bergerak secara signifikan dan dibutuhkan tenaga ahli statistik serta software engineer,” Ungkap Alam dalam paparannya dihadapan 150 mahasiswa UNAS.

Dia menambahkan, data science memiliki misi mengolah data yang dapat menghasilkan pengetahuan yang bernilai dan dapat diaplikasikan untuk perkembangan perusahaan. Selain itu, data science juga digunakan untuk menganalisis data yang tidak bisa dilakukan dengan metode sederhana, sehingga diperlukan suatu metode komputasi untuk menganalisis data tersebut.

“Saat ini sudah banyak perusahaan telekomunikasi serta perbankan yang telah menggunakan data science di perusahaannya, karena data yang mereka punyai setiap detiknya  akan terus berubah maka dibutuhkan seorang data scientist untuk menganalisis suatu data dalam perusahaan tersebut agar menghasilkan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan suatu perusahaan atau badan usaha,” Ucap Aiscientist Bukalapak Afif Akbar Iskandar dalam paparannya disesi kedua

Menurutnya, Selain perusahaan telekomunikasi, perusahaan digital startup yang memiliki data yang terstruktur maupun tidak juga sangat membutuhkan adanya data science dalam kelompoknya. Tetapi,  walaupun banyaknya permintaan tentang data science di Indonesia, masih banyak juga masyarakat luar yang belum mengetahui tentang data science itu sendiri.

“Data science menjadi sangat penting bagi suatu perusahaan terkait dengan produk dan layanan yang memprediksi di masa yang akan datang. Ditambah data science juga bisa dijadikan solusi atas masalah yang terjadi di sebuah perusahaan,” katanya. (*DMS)