HIMAPUBLIK Ajak Generasi Milenial Bantu Sukseskan Pemilu 2024

Jakarta (Unas) – Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Publik (HIMAPUBLIK) Universitas Nasional (Unas) mengajak para generasi muda untuk bantu mensukseskan Pemilu 2024. Hal ini dilakukan dalam bentuk Seminar Nasional, di Aula Blok I Lantai IV Unas, Sabtu, (15/07).

“Dalam kegiatan ini, HIMAPUBLIK mengundang perwakilan delegasi mahasiswa Administrasi Publik dari berbagai perguruan tinggi di Jakarta untuk turut membantu mensukseskan Pemilu 2024 mendatang,” ujar Ketua Umum HIMAPUBLIK, Rita Amalia Fortuna dalam sambutannya.

Ketua Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unas, Dr. Mary Ismowati, M.Si.

Merespon hal itu, Ketua Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unas, Dr. Mary Ismowati, M.Si. menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan bukti nyata wujud partisipasi aktif dari mahasiswa dalam menyambut pesta demokrasi itu.

“Kami menyambut baik niat positif dari mahasiswa yang tergabung dalam HIMAPUBLIK untuk bisa berkolaborasi dengan para generasi muda lainnya dalam menyambut Pemilu 2024. Semoga kegiatan ini bisa memberikan wawasan lebih dalam mengenai arti Pemilu dan kewajiban kita semua untuk turut andil dalam hal tersebut,” ucap Mary.

Hadir sebagai narasumber, Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unas, Dr. Heru Dian Setiawan, S.T., M.Si. mengatakan, saat ini, partisipasi pemilih muda dalam proses demokrasi sangatlah penting. Hal ini dikarenakan generasi muda yang akan menentukan arah negara ini kedepannya.

“Dengan harapan tersebut, semoga para generasi muda bisa menjadi pemilih cerdas di Pemilu mendatang. Saya harap mereka mampu melihat track record calon pemimpin Indonesia dengan kritis,” katanya.

Selain mencari informasi mengenai program kerja dan track record calon, Heru juga mengimbau kepada generasi muda untuk tidak terprovokatif, teliti terhadap berita hoax, serta menghindari perselisihan dengan menghasut dan memfitnah jelang Pemilu atau selama Pemilu berlangsung.

Baca Juga :   UNAS Entrepreneurship EXPO 2017

Dalam kesempatan yang sama, Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta, Fahmi Zikrillah menuturkan bahwa peran Gen Z dan milennial dalam Pemilu 2024 tidak hanya sebatas menggunakan hak pilih saja, tetapi juga terlibat aktif seperti menjadi penyelenggara Pemilu dan aktif mengawasi Pemilu.

“Selain itu, partisipasi juga dapat dilakukan dengan turut menyampaikan aspirasi di ruang publik, menjadi aktor penggerak di tengah masyarakat, serta membuat gerakan cerdas dengan menggandeng  komunitas untuk bersama-sama mensukseskan Pemilu 2024,” tutur Alumni Unas itu.

Di sisi lain, Plt. Kepala Puslitbangdiklat Bawaslu RI, Ibrahim Malik Tanjung, S.H., M.Si., juga turut menyampaikan bahwa di era digitalisasi saat ini, para generasi muda harus memanfaatkan media sosial untuk melakukan aksi-aksi positif jelang Pemilu tahun depan.

“Sebagai pengguna media sosial terbanyak, generasi muda harus bisa memanfaatkan hal itu dengan bantu memberantas isu hoax di internet, membuat konten mengenai tata cara menjadi pemilih cerdas,  serta hal positif lainnya yang dapat bermanfaat bagi masyarakat,” paparnya.

Kegiatan ini dipandu oleh Dosen Prodi Administrasi Publik Unas, Achmad Firdaus, S.IP., M.AP. sebagai moderator, dan turut dihadiri oleh para dosen Prodi Administrasi Publik Unas, mahasiswa, dan masyarakat umum. 

Berita Terbaru
PROMO-SNBT-UTBK-2024-(2)
Pengumuman

PROMO PESERTA UTBK-SNBT 2024

PROMO PESERTA UTBK-SNBT 2024 Pendaftaran Semester Ganjil Tahun Akademik 2024/2025 GRATIS BIAYA FORMULIR & BEBAS TES POTENSI AKADEMIK PROMO BERLANGSUNG

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!