FIKES Selenggarakan Pelantikan dan Angkat Sumpah Profesi Tahun Akademik 2022/2023

Jakarta (Unas) – Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Nasional kembali menyelenggarakan Pelantikan dan Angkat Sumpah Profesi Ners dan Bidan, di Auditorium Cyber Library Unas, Sabtu (20/05). Pada tahun akademik 2022/2023 ini, prosesi tersebut diikuti oleh lulusan Profesi Ners angkatan keenam dan Profesi Bidan angkatan keempat.

Prosesi Pengambilan Sumpah yang dilakukan oleh Mahasiswa Profesi Ners

Dalam sambutannya, Dekan FIKES Unas, Dr. Retno Widowati, M.Si., mengatakan, seluruh lulusan Profesi Ners dan Bidan yang mengikuti rangkaian kegiatan ini merupakan mahasiswa yang telah dinyatakan lulus uji kompetensi dan diberikan hak untuk menggunakan gelar Ners dan Bidan.

“Seluruh lulusan juga berhak memperoleh ijazah dan sertifikasi profesi yang diterbitkan oleh Unas sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Prestasi ini merupakan buah kerja keras para lulusan selama menempuh pendidikan profesi di FIKES Unas,” tuturnya.

Retno melanjutkan, pelantikan dan angkat sumpah ini merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh FIKES Unas untuk melepas para lulusan sebelum terjun ke lahan praktik sesungguhnya sebagai tenaga kesehatan profesional.

“Sumpah yang diucapkan juga mengandung makna yang dalam sebagai tenaga kesehatan untuk siap mengabdi ke masyarakat. Kami berharap naskah sumpah yang diucapkan juga dapat diresapi dan selalu diingat ketika bekerja nanti,” ucapnya.

Sementara itu, NsJajang Rahmat, M.Kep, Sp.Kep dari Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPW PPNI) DKI Jakarta menuturkan bahwa saat ini tantangan dunia keperawatan di lapangan cukup masif, sehingga para lulusan Ners harus bisa mempersiapkan diri dengan baik.

“Saya berharap para Ners baru dari FIKES Unas bisa memberikan pelayanan keperawatan dengan sebaik-baiknya kepada pasien, sehingga bisa memberikan dampak positif bagi tempat pelayanan kesehatan di Indonesia,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris PD Ikatan Bidan Indonesia (IBI) DKI Jakarta, Bdn. Diana Syatri, SsiT., MMKes. juga mengatakan bahwa menjadi seorang bidan perlu memiliki komitmen dan integritas dalam bekerja.

Baca Juga :   Naibonat, Kampung Toleransi Terdekat ke Timor Leste dan Australia

“Selain memberikan pelayanan kesehatan, seorang bidan juga perlu menjadi supporter para wanita di Indonesia dan menjadi garda terdepan untuk mengedukasi masyarakat soal masa reprodukasi wanita,” katanya.

Hadir di kegiatan ini, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Unas, Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., juga berpesan kepada para lulusan untuk terus bersikap profesional dan menjaga nama baik almamater di mana pun berada.

“Jagalah nama baik Unas dan FIKES ketika Anda bekerja. Saya berharap para lulusan profesi dari FIKES Unas bisa menjadi tenaga kesehatan yang unggul dan dicintai oleh masyarakat,” ungkapnya.

Kegiatan ini diisi dengan pembacaan SK kelulusan oleh masing-masing Ketua Program Studi yaitu Ns. Naziyah, S.Kep., M.Kep, dan Jenny Anna Siauta, S.ST., M.Keb. Dilanjutkan dengan pengumuman lulusan terbaik yang diraih oleh Ns. Maulidiya Fadila, S.Kep., dengan IPK 4,00 dari Profesi Ners, serta Zaifah Abidin S.SiT., Bdn., MKM. dengan IPK 4,00 dari Profesi Bidan.

Setelah itu, prosesi angkat sumpah dilakukan yang dipandu oleh NsJajang Rahmat, M.Kep, Sp.Kep dari DPW PPNI DKI Jakarta untuk lulusan Profesi Ners, serta Sekretaris PD IBI DKI Jakarta, Bdn. Diana Syatri, SsiT., MMKes. untuk lulusan Profesi Bidan. Setiap prosesi angkat sumpah turut didampingi oleh para rohaniawan. Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan naskah sumpah, pemasangan selempang dan atribut, serta pelantikan dengan pemberian ijazah dan cenderamata. 

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!