Dua Tim Mahasiswa Unas Raih Juara dalam Lomba Debat Bahasa Inggris (NUDC) Tingkat Nasional

Jakarta (Unas) – Dua tim mahasiswa Universitas Nasional (Unas) raih juara 1 dan 2 dalam lomba debat bahasa Inggris atau National University Debating Championship (NUDC) yang dihelat oleh Ristekdikti bersama Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting pada Minggu, (15/05).

Adapun tim mahasiswa yang meraih juara 1 ialah Cut Geubrina Salsabila dari program studi Ilmu Politik dan Danto Erfantoro Isa dari program studi Ilmu Komunikasi. Sementara tim mahasiswa yang meraih juara 2 ialah  Muhammad Ilham Pratama Hasri dan Shafira Fairuz Nurnajla dari program studi Sastra Inggris.

Dilansir dari akun Instagram penyelenggara, @kdmi_nudc_upnvj, tema yang diusung dalam perlombaan ini yakni ‘Foreign and State Policy: Whay Does It Matter?’ dengan tujuan membahas isu geopolitik di negara-negara dari berbagai perspektif.

“Tema yang diusung sangat bermanfaat bagi kami para peserta, spektator, juri, komitee agar dapat mengulas lebih jauh lagi dan mendapatkan perspektif baru akan status quo dunia internasional yang sedang kita alami saat ini,” ujar Danto Erfantoro Isa saat diwawancari oleh Humas Unas.

Dalam mempersiapkan perlombaan ini, mahasiswa angkatan 2021 itu mengaku mendalami kemampuan bahasa Inggrisnya, serta melatih critical thinking dengan banyak membaca topik-topik yang berkaitan dengan tema tersebut.

Tak hanya membaca dan menganalisis, Cut Geubrina Salsabila menuturkan, persiapan juga dilakukan dengan mengadakan simulasi debat yang dilaksanakan hampir setiap hari sampai perlombaan dimulai. “Selain itu, kami juga belajar berpikir dari banyak sisi, baik dari sisi pro-kontra atau goverment dan opposition, sehingga bisa lebih membuka pemikiran dalam perlombaan nantinya,” ujar Cut.

Dalam kesempatan yang sama, Muhammad Ilham Pratama Hasri mengatakan, lomba debat bahasa Inggris ini sendiri dibagi menjadi tiga babak yakni penyisihan, semi final, dan final.  “Selama melewati babak tersebut saya dan partner mengerahkan seluruh kemampuan. Saat menerima hasil pengumuman pemenang pun saya sangat syukuri, karena saya benar-benar tidak menyangka bisa menjadi salah satu pemenang dari salah satu lomba debat yang sangat bergengsi,” tuturnya.

Baca Juga :   ABANAS Kembali Adakan Pertukaran Budaya dengan Chung Ang University, Korea

Sementara itu, Syafira Fairuz Nurnajla mengatakan, dari perlombaan ini, Ia dan tim mendapatkan hadiah berupa sertifikat dan sejumlah uang tunai. “Saya berharap, kegiatan ini bisa memotivasi mahasiswa Unas lainnya dalam membangun semangat berkompetisi dan berprestasi dalam bidang akademik,” imbuhnya.

Kepala Biro Kemahasiswaan Unas, Kamaruddin Salim, S.Sos., M.Si., mengatakan, tim mahasiswa yang meraih juara 1 dalam ajang NUDC ini akan mewakili Unas pada NUDC tingkat Provinsi dan Nasional.

“Setelah lomba ini kami langsung membantu mereka untuk mempersiapkan mengikuti NUDC tingkat Nasional dengan dibimbing oleh mentor yang telah berpengalaman. Kami berharap tim Unas bisa memberikan yang terbaik dan kembali membawa prestasi nantinya,” jelas Kamaruddin.

Lomba ini dibimbing oleh dosen Sastra Inggris, Maftuchah Dwi Agustina, S.S., M.Hum., serta dimentori oleh mahasiswa Unas yakni Nabila Shafa Sabrina, Adinda Nabila Rahmah, dan James Baron Siahaan. (NIS)

 

 

Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!