Aktif Dalam Penulisan Publikasi Ilmiah, LLDIKTI Wiilayah III Percayakan UNAS Jadi Host Konsorsium

Jakarta (UNAS) – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III mengajak Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Wilayah III untuk berkolaborasi meningkatkan publikasi ilmiah pada dosen dan mahasiswa.

Ada 11 bidang ilmu yang ditetapkan oleh LLDikti Wilayah III untuk mewakili semua bidang-bidang yang ada di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Wilayah III. Dan Universitas Nasional mendapat kepercayaan untuk menjadi host dari konsorsium, salah satunya pada adalah bidang Ilmu Sosial.

Kegiatan dari konsorsium ini memiliki fokus penelitian yang dapat dipublikasi. Dari setiap bidang ilmu diharapkan dapat mengadakan seminar ditingkat nasional dan internasional.

Dr. Irma Indrayani, M.Si.

Dr. Irma Indrayani, M.Si. selaku Sekretaris Konsorsium Publikasi Ilmiah Bidang Ilmu Sosial menyampaikan, “dasar pemikiran (konsorsium), mengingat bahwa belum banyak wadah untuk mahasiswa serta dosen publikasi di tingkat nasional dan internasional yang diadakan di Indonesia”.

Seminar yang akan diselenggarakan sebagai wadah bagi mahasiswa untuk memperkaya pengetahuannya dan pengalamannya, bagaimana meningkatkan publikasi ilmiah. Harapan yang sangat dihasilkan adalah setiap artikel ilmiah dapat dipublikasikan di jurnal maupun prosiding.

“Publikasi di jurnal yang nantinya mampu di-submit untuk publikasi tulisan mereka, pada waktu ikut seminar. Kemudian, nanti juga diharapkan ada prosiding dari seminar itu sendiri,” tutur Irma saat diwawancara langsung oleh tim Humas Universitas Nasional pada Rabu (3/3).

Peran Universitas Nasional pada Konsorsium Publikasi Ilmiah Bidang Ilmu Sosial yakni Rektor Universitas Nasional, Dr. Drs. El Amry Bermawi Putera, M.A. selaku Ketua Konsorsium dan Ketua Program Studi Hubungan International, Dr. Irma Indrayani, M.Si. selaku Sekretaris Konsorsium.

Kegiatan seminar yang akan diselenggarakan oleh Konsorsium Publikasi Ilmiah Bidang Ilmu Sosial direncanakan pada bulan Juli 2021 untuk seminar nasional dan bulan Oktober 2021 untuk seminar internasional. Saat ini tim kepanitiaan sedang mengembangkan laman website yang dapat diakses secara umum untuk memperoleh segala macam informasi terkait kegiatan yang akan diselenggarakan.

Nantinya mahasiswa dan dosen dapat langsung ikut berpartisipasi dalam seminar ini. Dengan adanya kegiatan ini juga, diharapkan dapat mendorong mahasiswa dan dosen untuk menulis artikel yang berkualitas terutama pada bidang ilmu sosial.

“Di sini akan men-trigger mahasiswa untuk menulis artikel yang berbobot karena tidak dibedakan antara dosen dan mahasiswa. Maka mahasiswa yang artikelnya bagus akan bisa bersanding dengan dosen sebagai pembicara dalam seminar nanti,” ujar Irma. (*ARS)