Tito Ingatkan Gubernur Baru Aceh Kreatif Hadapi Covid-19

Banda Aceh, CNN Indonesia -Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta Pemerintah Provinsi Aceh kreatif dalam menghadapi pandemi Covid-19 agar tetap bisa memacu pembangunan.

“Pemerintah dan semua pihak harus pandai membaca peluang dengan terobosan kreatif dan inovatif di tengah tantangan situasi sulit pandemi COVID-19, sehingga memicu percepatan pembangunan dengan segenap sumber daya,” kata dia, usai melantik Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh definitif pada Rapat Paripurna DPR Aceh, di Banda Aceh, Kamis (5/11).

Menurutnya, pandemi Covid-19 juga sudah berdampak pada masyarakat Aceh, baik dalam hal kesehatan maupun ekonomi.

“Penyebaran penyakit COVID-19 juga terjadi di Aceh, bahkan sudah ada saudara yang telah wafat karena penyakit tersebut. Sektor ekonomi juga terkontraksi yang berakibat pada masalah sosial seperti kehilangan atau berkurangnya lapangan pekerjaan,” ujarnya.

Menurut dia, pemerintah dan masyarakat perlu bersama-sama mewujudkan rumusan keseimbangan guna mengendalikan penularan dan sekaligus menjaga ekonomi tetap bergerak.

“Untuk itulah pada kesempatan baik ini pelantikan gubernur definitif dapat menjadi momentum yang penting agar kebersamaan tersebut dapat terwujud. Kita semua harus optimistis menghadapi pandemi Covid-19 dan dampak ikutannya,” kata Tito.

Selengkapnya