YUDISIUM FTKI Bekali Lulusan Agar Mampu Bersaing di Era Society 5.0

YUDISIUM KELULUSAN SARJANA FTKI UNAS SEMESTER GENAP 2019-2020

Jakarta (Unas) – Guna menjadi lulusan yang mampu bersaing di era society 5.0, Fakultas Teknologi, Komunikasi, dan Informatika (FTKI) bekali para lulusan melalui penyelenggaraan yudisium, pada Sabtu (05/08).

Kegiatan ini diisi oleh tiga pembicara yakni Guru Besar FTKI Unas, Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T., Ketua LSP Informatika, Muhaemin S.Kom., MM, M.Kom., serta Vice President of Data Science Investree, Ones Marsali, S.Si.

Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T.

Dalam paparannya, Prof. Iskandar mengatakan, guna dapat bersaing di era society 5.0, para lulusan harus mempersiapkan mental yang baik serta kepribadian yang cerdas dalam bidang yang ditekuni.

“Lulusan sarjana komputer di dunia kerja nanti bukan hanya bisa menggunakan perangkat Information and Communication Technologies (ICT) tapi sekaligus bisa memanfaatkan ICT sebagai pengetahuan untuk menghasilkan suatu keputusan dalam menciptakan sesuatu,” ujarnya dalam webinar.

Ia menambahkan, pada era industri society 5.0 perkembangan teknologi akan semakin canggih dan terdepan, sehingga, diharapkan lulusan FTKI Unas bisa terus mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya penguasaan teknologi digital yang telah dipelajari semasa perkuliahan.

Senada dengan hal tersebut, Muhaemin, S.Kom, MM, M.Kom, mengatakan, para lulusan FTKI perlu membekali diri menjadi pribadi yang cerdas pada era society 5.0 sehinggga memiliki kontribusi dalam masa depan. Para lulusan harus memiliki tiga kemampuan seperti kreativitas, berpikir kritis, dan kemampuan memecahkan masalah yang kompleks.

Muhaemin, S.Kom, MM, M.Kom

“Guna beradaptasi dengan hal itu, mereka (para lulusan) juga harus selalu belajar dengan memanfaatkan teknologi blended learning dan e-learning, turut serta bergabung dengan komunitas sesuai dengan kompetensinya, perbanyak relasi, kerjasama, dan memperkuat kompetensi dengan  dibuktikan sertifikat kompetensi yang sah,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ones Marsali mengatakan, agar menjadi pribadi yang cerdas dalam era society 5.0, para lulusan harus melek data. Hal ini merupakan kompetensi yang paling penting bagi individu society 5.0.

Baca Juga :   Fakultas Bahasa Dan Sastra Adakan Pengenalan Lingkungan Dan Budaya Akademik Bagi Mahasiswa Baru 2021/2022
Ones Marsali

“Para lulusan juga perlu memiliki kompetensi tambahan di samping kompetensi pokoknya sendiri seperti melakukan kolaborasi dengan data/ analytics profesional dalam mengoptimalkan asset data, serta menggunakan teknologi yang tepat,” kata Ones.

Kegiatan ini dibuka oleh sambutan dari Dekan FTKI, Dr. Septi Andryana, S.Kom., MMSI. Wakil Dekan FTKI, Dr. Fauziah, S.Kom., MMSI., serta Ketua Panitia Yudisium, Ira Diana Sholihati, S.Si., MMSI. dan dihadiri oleh dosen serta para lulusan FTKI periode genap 2019/2020.

Adapun lulusan terbaik pada program studi Informatika ialah Ibnu Bukhari dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,77, Ahmad Yannuri dengan IPK 3,65, serta Ahmad Rivaldi dengan IPK 3,61. Sementara lulusan terbaik program studi Sistem Informasi diraih oleh Lili Dwi Yulianto dengan IPK 3,79, disusul dengan M Alwi Saepul Zaman dengan IPK 3,74, Astri Pertiwi dengan IPK 3,73, dan Fikrianzi Nindyo Kusumo dengan IPK 3,71. (NIS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!