Korean Corner UNAS Bukti Erat Hubungan UNAS dan Korea

Jakarta (UNAS) – Berbagai bentuk kerjasama Universitas Nasional satu persatu mulai terealisasi meskipun sempat terhambat karena pandemi covid -19. Salah satunya adalah adanya Korean Corner Universitas Nasional yang akan membuka kelas pada perkiraan pertengahan tahun 2021. Korean Corner adalah bentuk kerjasama UNAS dengan Korean Cultural Center Indonesia yang dibawahi langsung oleh Kedutaan Korea.

Kepala Divisi Kerjasama Luar Negeri Kantor Kerjasama Internasional (KKI) Unas, Dra. M.A. Inez Sapteno (Kiri) bersama Rektor Universitas Nasional Dr.Drs. El Amry Bermawi Putera, M.A. (kanan)saat pembukan Korean Corner

Pada penjelasannya, Kepala Divisi Kerjasama Luar Negeri Kantor Kerjasama Internasional (KKI) Unas, Dra. M.A. Inez Sapteno mengatakan KKI sebagai fasilitator kerjasama dan kegiatan akan ditangani oleh Program Studi Bahasa Korea UNAS. “Kami disini sebagai fasilitator yang mengatur kerjasama antara UNAS dengan KCC, namun nanti kegiatan akan kami serahkan ke Prodi Bahasa Korea, kami juga sedang merancang kegiatan yang akan dibuka pada pertengahan tahun 2021”, Ujarnya saat diwawancara via telewicara.

Universitas Nasional (UNAS) menjalin kerjasama dengan Korean Cultural Center Indonesia, pada Selasa (7/01). Kerjasama ini tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan antara antara Rektor UNAS, Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A., dan Direktur Korean Cultural Center Indonesia, Mr. Chung Yougpoun.

Adapun bentuk kegiatan dari implementasi kerjasama ini diantaranya promosi bahasa dan kebudayaan Korea, diskusi kolaboratif antara universitas, industri, dan pemerintah, serta promosi isu-isu berkelanjutan. Nota kesepahaman Internasional yang mempromosikan bahasa dan kebudayaan Korea akan berlaku selama lima tahun (2020-2025).

Inez juga berharap semoga kelas bisa segera dibuka dan semua kegiatan bisa terlaksana kembali “ Semoga kegiatan Korean Corner bisa segera dibuka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19, karena kami juga sedang mengatur jadwal dan penerapan supaya bisa terlaksana dengan baik”, tutup Inez dalam teleponnya.

Dikutip dari berita UNAS tahun 2020, Rektor Universitas Nasional Korean Corner akan sangat bermanfaat untuk mahasiswa Prodi Bahasa Korea UNAS. “Melalui kerjasama ini kami akan membangun Korean korner di Unas sebagai tempat pembelajaran budaya Korea. Hal ini juga bermanfaat bagi Unas karena kami adalah universitas pertama yang memiliki program studi bahasa Korea di Indonesia,” jelas El Amry dalam sambutannya, di Blok I Ruang 108 UNAS Selasa (7/01/20). (*TIN)