Edukasi Berjualan di Marketplace Melalui PKM Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAS

Edukasi Berjualan di Marketplace Melalui PKM Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAS

Jakarta (UNAS) – Demi mewujudkan produktivitas kelompok Ibu PKK Pasar Rebo, Jakarta Timur semasa pandemi Covid-19, mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAS adakan edukasi berjualan di marketplace. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan mengusung tema “Workshop Memasarkan Produk Melalui Online Marketplace”.

Berlangsung di lingkungan RT 02/RW 02 Kelurahan Kalisari, Jakarta Timur, sasaran dari pelaksanaan kegiatan yaitu kelompok Ibu PKK di lingkungan sekitar. Adapun kegiatan PKM yang dilaksanakan ini merupakan bagian dari bentuk praktek lapangan secara langsung dari penerapan mata kuliah PR dan Manajemen CSR.

“Selain mendapatkan materi di perkuliahan, para mahasiswa diwajibkan bisa mempraktekkan ilmu pengetahuan yang dimiliki. Berkiprah dan memberikan kontribusi kepada masyarakat,” ujar Yayu Sriwartini, S.Sos., M.Si., selaku dosen pengampu dan pembimbing PKM dalam sambutannya.

Kegiatan PKM edukasi berjualan di marketplace yang dilakukan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAS ini memiliki tujuan untuk mengedukasi khususnya kelompok Ibu PKK. Guna meningkatkan produktivitas Ibu PKK daerah sekitar, dengan menyalurkan potensi yang dimiliki serta berkreativitas secara profesional dengan mengembangkan keahlian mereka.

Rangkaian kegiatan pada Minggu (26/12/2021) ini yaitu penyampaian materi dasar mengenai pembuatan akun toko online, unggah produk atau barang yang akan dijual. Kemudian, penerapan strategi marketing yang meliputi STP (segmenting, targeting, positioning). Teknik pengemasan produk dan packaging delivery, hingga materi terkait teknik foto produk yang baik.

Pelaksanaan PKM ini turut mendapat respon baik dari peserta yang juga memperoleh ilmu yang bermanfaat. “Alhamdulillah acara tersebut sangat bermanfaat sekali untuk kita para ibu-ibu. Jadi kita lebih tahu bagaimana cara memasarkan produk secara online dan cara mengemas yang baik itu seperti apa,” ucap Sri Hadariah selaku ibu RT 02/RW 02 Kalisari.

Baca Juga :   Dosen Prodi Sastra Jepang UNAS, Dapat Gelar Doktor Bidang Ilmu Linguistik

Untuk mengetahui seberapa juah pemahaman dan antusias para peserta sebelum dan sesudah penyampaian materi, rekan-rekan mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAS memberikan soal pre-test. Hal ini sebagai pembanding pada penghujung acara yang ditutup dengan pemberian hadiah dan makan bersama.

Sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi kelompok Ibu PKK RT 02/RW 02 Kalisari dalam mengikuti edukasi berjualan di marketplace ini, mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAS juga menyerahkan plakat sebagai ucapan terima kasih. (*ARS/Tim PKM)

 

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!