Yudisium FTKI : Lulusan Dituntut Paham Perkembangan Teknologi

JAKARTA – Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika (FTKI) Universitas Nasional (UNAS) kembali mencetak lulusan baru. Hal itu dapat dilihat dari pelepasan wisudawan dan wisudawati atau yudisium yang digelar di Aula Blok I Lantai IV UNAS, Selasa (18/9). Lulusan tersebut terdiri dari 42 mahasiswa Program Studi Teknik Informatika dan 13 mahasiswa Program Studi Sistem Informasi.

Wakil Rektor Bidang Akademik UNAS, Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T., membekali para lulusan untuk kreatif dan mengikuti perkembangan teknologi di era global. Hal itu diutarakannya mengingat semakin pesatnya perkembangan Information Technology (IT) dalam kehidupan manusia. “Sekarang dimana-mana serba baru, dan saya harap lulusan FTKI paham terhadap hal-hal itu, karena semakin luas wawasan dan pengetahuan seseorang, maka semakin besar juga peluangnya untuk sukses,” tuturnya. 
 
Menurutnya, banyak hal yang dapat dipelajari dari perkembangan teknologi. “Semakin berkembangnya teknologi membuktikan bahwa banyaknya terobosan baru yang dikeluarkan oleh pikiran manusia. Saya harap lulusan-lulusan FTKI bisa menciptakan gagasannya untuk melahirkan terobosan-terobosan baru tersebut,” imbuhnya. Ia juga menghimbau kepada lulusan untuk terus belajar berinovasi dari perkembangan teknologi yang semakin canggih. Namun, tak hanya mengikuti perkembangannya saja, tetapi juga menanamkan rasa kepekaan terhadap isu-isu terbaru dalam bidang IT. 
 
Dalam kesempatan yang sama, Dekan FTKI, Dr. Ucuk Darusalam, S.T., M.T. mengatakan, para lulusan juga diwajibkan untuk mengikuti pelatihan sertifikasi profesi kompetensi. Menurutnya, hal itu akan berdampak pada pekerjaan yang akan dilamar nantinya. “Rencananya sebelum wisuda nanti akan ditawarkan sertifikasi kompetensi dan saya harap semua lulusan bersedia untuk ikut.  Sertifikasi tersebut berlogo garuda dan saya yakin hal itu bisa menambah poin plus diportofolio lulusan,” katanya dalam sambutan.
 
Mahasiswa yang megikuti yudisium merupakan mahasiswa yang telah memenuhi syarat secara akademik dan administratif sebagai peserta. Selain itu, mahasiswa tersebut juga telah mengajukan proposal penelitiannya dan berhasil mengantongi izin penelitian, sehingga bisa melalui tahap selanjutnya yaitu skripsi dan wisuda. 
 

“Mahasiswa yang yudisium adalah mereka telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Semoga  apa yang kalian tempuh selama 3,5 atau 4 tahun di FTKI UNAS dapat bermanfaat dan menerapkan segala keilmuannya di dunia kerja atau masyarakat. Saya juga berharap lulusan bisa memiliki visi sebagai orang yang berhasil dan bisa membanggakan orang tua,” ujar  dalam sambutannya.

Sementara itu, salah satu lulusan terbaik dari program studi Teknik Informatika, Ririn Agustin mengaku bangga telah meraih nilai tertinggi di FTKI. Menurutnya, hal ini ditunjang oleh sarana dan prasarana perkuliahan yang cukup baik serta kualitas dosen yang mumpuni. “Alhamdulillah.. selama kuliah di FTKI UNAS selalu didukung sama fasilitas yang baik seperti komputer buat praktek, proyektor, sama wifi yang lumayan lancar,” katanya. Ririn merupakan salah satu lulusan terbaik dari kelas karyawan yang memperoleh predikat cumlaude dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), 3.80.(*NIS)