Universitas Nasional Adakan Kolaborasi Dengan Universitas Putra Malaysia

Jakarta (Unas) – Program studi Agroteknologi Fakultas Biologi dan Pertanian adakan pertemuan antar Dosen Universitas Nasional (Unas) dengan Dosen Universitas Putra Malaysia (UPM) dengan tema “ Land and Ethnobotany For Sustainable Development” yang diadakan di Ruang Rapat, Gedung Cyber Library Universitas Nasional, Jumat, Agustus 11, 2023.

Turut hadir dalam acara ini, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., Dekan Fakultas Biologi dan Pertanian Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si., Ketua Program Studi Agroteknologi Ir. Etty Hesthiati, M.Si. Dan dihadiri oleh 4 Dosen UPM diantaranya yaitu Prof. Dr. Arifin Abdu, Dr. Daljit Singh A/L Karam Singh, Dr. Keeren A/L Sundara Rajoo dan Mohd Hakeem Bin Mohd Ibrahim Muhammad Amin Abdullah Bin Azhar.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., mengucapkan selamat datang di Unas kepada para Dosen UPM yang turut hadir dalam acara kolaborasi. Ia mengatakan bahwa Universitas Nasional (Unas) dengan Universitas Putra Malaysia (UPM) Harus memiliki Soft Skill, meningkatkan kepotensian yang dibutuhkan kolaborasi dari dunia industri Malaysia. Malaysia satu rumpun dengan Indonesia, Malaysia banyak belajar dari Indonesia. Kerjasama tidak hanya MOA, ada kerja sama yang real bagi Pendidikan maupun kegiatan Kemahasiswaan. Dari Universitas sangat mendukung untuk bisa bersaing secara global maupun internasional. Pertukaran pelajar bisa dilakukan secara online (Program Mobility).

Sebelum menutup sambutannya, Suryono menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, khususnya kepada Program Studi Agroteknologi yang berkolaborasi dengan Universitas Putra Malaysia (UPM) yang sudah mensukseskan acara ini.

Dalam Wawancara Ketua Prodi Agroteknologi Ir. Etty Hesthiati, M.Si. mengatakan “Menjalin kerjasama lebih lanjut di bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat,” ialah tujuan dari Kolaborasi Unas dengan UPM, tutur Mahasiswa Unas belum lakukan tukar pelajar dengan UPM, namun join seminar mahasiswa UPM dan Unas sudah beberapa kali kita lakukan baik di Unas dan Tahun 2020 kita juga melakukan join Seminar Dosen dan Mahasiswa di UPM, Malaysia. Cara berkolaborasi dengan UPM ialah lewat berbagai kesempatan misalnya join seminar, riset bersama, kunjungan ilmiah, pertukaran mahasiswa, dll.

Baca Juga :   Dukung Program Mendikbud Ristek, UNAS-UEU Jalin Kerja Sama Tri Dharma Perguruan Tinggi

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan penjelasan materi Dosen UPM. Dalam kegiatan ini, Dosen Dr. Keeren A/L Sundara Rajoo menyampaikan materi berjudul ‘Penghijauan Malaysia: Pokok Kita, Kehidupan Kita. Kempen penanaman 100 juta pokok 2021 – 2025.

“ Program Penghijauan Malaysia adalah satu ikrar komitmen kerajaan yang berlandaskan Wawasan Kemakmuran Bersama, untuk menyumbang kepada masa depan yang lebih hijau,” tutur Prof. Dr. Arifin Abdu. Selain itu ada beberapa point objektif, diantaranya Mengajak Masyarakat menanam 100 juta pokok menjelang tahun 2025, Mempertahankan kekayaan alam semula jadi Negara, Memulihara kepelbagaian biologi, Mengekalkan pengiktirafan ke atas Malaysia sebagai antara 12 negara ‘megadiverse’ dan meningkatkan kualiti persekitaran semula jadi & sungai.

Setelah penjelasan materi, dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab. Kegiatan yang dipandu oleh Dosen Prodi Agroteknologi Ir. Inkorena G.S. Sukartono, M.Agr. telah berakhir dengan pemberian cinderamata kepada para Dosen UPM serta foto bersama. (SAF)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!