FIKES Kembali Kukuhkan 172 Lulusan Profesi Ners dan Bidan

Jakarta (UNAS) – Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Nasional kembali mengukuhkan lulusan Profesi Ners dan Bidan dalam prosesi pelantikan dan angkat sumpah, Sabtu, (04/05). Dalam periode genap tahun akademik 2023/2024 ini, FIKES berhasil meluluskan 89 mahasiswa Prodi Pendidikan Profesi Ners, dan 83 mahasiswa Prodi Pendidikan Profesi Bidan.

“Seluruh lulusan telah menyelesaikan rangkaian pendidikan profesi-nya dan siap untuk terjun ke masyarakat. Mereka berhak memperoleh gelar Ners dan Bidan,” ucap Ketua Pelaksana kegiatan dalam laporannya, Dr. Vivi Silawati, SST., SKM., M.KM.

Pemberian sertifikat kepada lulusan terbaik Profesi Bidan dalam kegiatan Pelantikan dan Angkat Sumpah Profesi Ners dan Bidan FIKES Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024.

Sementara itu, Dekan FIKES UNAS, Prof. Dr. Retno Widowati, M.Si. menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin dari FIKES UNAS untuk melepas para lulusan profesi dalam mengemban tugasnya sebagai tenaga kesehatan profesional.

“Kami melepas para lulusan yang telah menempuh pendidikan profesinya, untuk menerapkannya dan mengaplikasikannya secara langsung di masyarakat,” ujar Dekan. Ia juga menuturkan bahwa kelulusan mahasiswa profesi juga tidak terlepas dari bantuan klinik maupun pelayanan rumah sakit tempat mahasiswa melakukan proses pembelajaran di berbagai stase.

Prof. Retno juga turut menyampaikan ungkapan terima kasih kepada seluruh pihak eksternal dan internal yang telah membantu proses pembelajaran mahasiswa. “Selain itu, saya juga berpesan kepada seluruh lulusan untuk tetap menjaga nama baik almamater dan menerapkan tata nilai di FIKES yakni Fokus, Integritas, Kreatif, Empati, dan Santun,” imbuhnya.

Dorong Lulusan Berkiprah ke Luar Negeri.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPW PPNI DKI Jakarta, Ns. Jajang Rahmat Solihin, M.Kep., Sp.Kep.Kom. mengatakan bahwa lulus menjadi seorang perawat memiliki banyak peluang yang bisa didapatkan. Salah satunya ialah kesempatan berkarir di luar negeri.

“Menjadi tenaga kesehatan tidak harus berfokus untuk kerja di dalam negeri. Tetapi para lulusan juga bisa melebarkan sayap untuk mencari pengalaman lebih luas dengan berkiprah ke luar negeri. Tentu saja dengan persiapan yang lebih matang terutama kompetensi bahasa” ucapnya dalam sambutan.

Baca Juga :   Eratkan Ukhuwah Keluarga Besar Yayasan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan (YMIK) Adakan Buka puasa Bersama
Pemberian sertifikat kepada lulusan terbaik Profesi Ners dalam kegiatan Pelantikan dan Angkat Sumpah Profesi Ners dan Bidan FIKES Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024

Senada dengan hal tersebut, Ketua PD IBI DKI Jakarta Sri Indah, SST, MM. juga menyampaikan bahwa saat ini profesi bidan sudah semakin komprehensif. Hal ini tidak menutup kesempatan bagi para lulusan untuk berkarir di luar negeri mengingat semakin berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan di bidang kesehatan.

“Saya harap dimanapun para lulusan bekerja bisa menerapkan kode etik dengan sungguh-sungguh, serta meyakini bahwa profesi bidan merupakan profesi yang mulia mulai dari mengasuh, merawat, dan membantu seluruh perempuan, bayi dan balita,” pungkasnya.

Prosesi angkat sumpah ini dilakukan dengan didampingi oleh para rohaniawan dan dipandu oleh Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Ns. Naziyah, S.Kep. dan Wakil Dekan FIKES UNAS, Dr. Rukmaini, SST., M.Keb. dilanjutkan dengan penandatanganan naskah akad sumpah dan pemasangan selempang.

Adapun lulusan terbaik dari Profesi Ners diraih oleh Ns. Ari Maolana, S.Kep. dengan IPK 3,98 dan lulusan terbaik dari Profesi Bidan diraih oleh Bdn. Eni Kurniati, S.Tr.Keb. dengan IPK 4,00.  (NIS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!