Unas Terima Mahasiswa Baru Jalur KIP Kuliah 

Jakarta (Unas) – Universitas Nasional (Unas) terima calon mahasiswa baru jalur Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan gratis bagi lulusan SMA/SMK/MAN sederajat yang memiliki potensi akademik baik dan berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

“Unas merupakan salah satu kampus swasta yang menerima KIP Kuliah. Ini adalah bantuan pendidikan yang baru diluncurkan pada tahun 2020, sebelumnya dinamakan beasiswa bidikmisi tapi sudah dihapus diganti jadi KIP Kuliah, alurnya pun sama seperti bidikmisi,” jelas Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Unas, Kamaruddin Salim, S.Sos.,M.Si. saat ditemui diruangannya, Rabu (12/08).

Ia melanjutkan, pada KIP Kuliah ini, calon mahasiswa baru harus memiliki Kartu Indonesia Pintar dan berasal dari keluarga tidak mampu yang dibuktikan dengan dokumen yang sah. Selain itu, syarat lainnya ialah pendapatan kedua orang tua jika digabungkan tidak lebih dari 4 juta rupiah.

“Saat ini di Unas sudah ada 26 mahasiswa yang telah mendaftar serta menyerahkan berkas untuk menunjang persyaratan KIP Kuliah. Pendaftaran ini akan ditutup tanggal 17 Agustus 2020 dan selanjutnya akan diverifikasi lagi kelayakannya untuk menerima KIP Kuliah,” ujarnya.

Kamaruddin menuturkan, bantuan biaya pendidikan tersebut akan langsung dibayarkan ke rekening perguruan tinggi tiap semesternya sesuai dengan lamanya waktu studi tiap mahasiswa. Selain memperoleh keringanan biaya kuliah, mahasiswa juga akan mendapatkan bantuan biaya hidup sebesar 4,2 juta rupiah per semester yang langsung di tranfer ke rekening mahasiswa.

Di samping  biaya pendidikan yang gratis, menurut Kamaruddin, mahasiswa juga harus mempertahankan prestasinya semasa kuliah. “Kami selalu mengevaluasi setiap mahasiswa sepertidi bidikmisi untuk selalu terlibat dalam kegiatan perlombaan akademik sehingga memberikan jalur bagi mereka untuk tetap berkontribusi bagi kampus dan negara,”ucapnya.

Ia berharap, mahasiswa yang lulus menerima KIP Kuliah nantinya bisa terus menonjolkan prestasinya dan tidak menyianyiakan kesempatan kuliah yang telah mereka dapatkan. “Kami juga bersyukur pemerintah telah memperhatikan anak-anak yang kurang mampu dengan menyalurkan beasiswa ini, semoga mahasiswa bisa memanfaatkannya dengan baik,” tambahnya.

Dilansir dari laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/, bagi siswa yang ingin mendaftar KIP Kuliah dapat langsung mengakses secara mandiri di website tersebut atau melalui KIP Kuliah Mobile Apps. Setelah itu, ikuti seluruh tahapannya hingga diverifikasi oleh perguruan tinggi yang dituju sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.