Rayakan Dies Natalis Ke-73, UNAS Akan Gelar Festival Ilmiah

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta (Unas) – Dalam rangka merayakan Dies Natalis ke-73, Universitas Nasional (Unas) kembali akan menggelar Festival Ilmiah yang akan diselenggarakan pada tanggal 5 sampai 12 Desember 2022.

Selain dalam rangka merayakan Dies Natalis Unas yang ke-73 tahun, festival tersebut juga sebagai komitmen Unas dalam menciptakan generasi muda Indonesia yang berwawasan luas, berintegritas, kreatif dan inovatif, kompetitif dan berprestasi.

Gelaran yang diinisiasi Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni (Biromawa) Unas kali ini, merupakan kompetisi ilmiah tingkat nasional yang diberi nama Universitas Nasional Festival (UNAS-FEST) 2022.

Untuk menciptakan konsep kompetisi yang menarik dan  ilmiah, terdapat tiga cabang lomba yaitu English Debate Competition (EDC), Kompetisi Debat Bahasa Indonesia (KDBI), dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI). Dalam pelaksanaannya, kompetisi ini melibatkan mahasiswa dan mahasiswi berprestasi Unas yang dipilih secara khusus oleh Kepala Biromawa Unas Kamaruddin Salim, S.Sos., M.Si.

Sebelumnya, ditahun 2021 Unas juga menyelenggarakan kompetisi ilmiah tingkat universitas dengan 3 (tiga) cabang lomba yaitu debat berbahasa Inggris, debat berbahasa Indonesia, dan karya tulis ilmiah. Tujuannya untuk mencari mahasiswa-mahasiswi yang menjadi delegasi Unas di ajang kompetisi DIKTI yaitu NUDC, KDMI, dan PILMAPRES. Mengingat besarnya animo peserta yang berpartisipasi,  serta kesuksesan kompetisi sebelumnya. Maka tahun ini kembali diadakan kompetisi serupa tingkat nasional.

UNAS FEST kali ini mengusung tema besar “Ketahanan Pangan Indonesia Dalam Menghadapi Krisis Pangan Global.” Tema ini secara khusus disusun oleh para mahasiswa Unas yang pernah menjuarai kompetisi serupa, antara lain; Nabila Shafa Sabrina (Prodi Hubungan Internasional), Adinda Nabila Rahmah (Prodi Ilmu Komunikasi), Diva Delinda Cahyani (Prodi Sosiologi), dan Shofia Dwi Nur Maulida (Prodi Sosiologi).

Dipilihnya tema tersebut bertujuan agar generasi milenial Indonesia mampu membawa perubahan besar yang positif bagi kemajuan negara dan bangsa dan memiliki peran aktif dalam penanganan isu pangan yang tengah terjadi saat ini.

Melalui publikasi ini, Unas juga mengundang mahasiswa-mahasiswi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk dapat berpartisipasi dalam mengikuti kompetisi ini. Pendaftaran cabang lomba EDC dan KDBI masih dibuka hingga tanggal 30 November 2022, sedangkan untuk cabang lomba LKTI sudah ditutup pendaftarannya.

Sejauh ini sudah terdapat beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ), Universitas Mercu Buana, Universitas Mataram, dan masih banyak perguruan tinggi lainnya. (DMS)

Berita Terbaru
Chat with Us!