Unas Kembali Tambah Guru Besar Dalam Bidang Ilmu Sosiologi

Jakarta (Unas) – Universitas Nasional (Unas) kembali menambah Guru Besar nya. Kali ini, Guru Besar tersebut datang dari bidang ilmu Sosiologi. Ia adalah Prof. Dr. Drs. A.F. Sigit Rochadi, M.Si. yang menjadi guru besar ke Sembilan yang dilahirkan Unas pada tahun 2023 ini.

“Prof. Sigit adalah Guru Besar yang dilahirkan Unas, ke 9 pada tahun 2023 ini,” ungkap Ketua Yayasan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan (YMIK) Dr. Drs. Ramlan Siregar, M.Si. dalam sambutannya pada acara penyerahan SK Guru Besar, di Ruang Ki Hajar Dewantara, Kantor LLDIKTI Wilayah III Jakarta, Cawang, Jakarta Timur, Selasa, 31 Oktober 2023

Ia pun berharap, sebelum memasuki tahun 2024, Unas bisa kembali melahirkan Guru Besar lain, sesuai dengan yang sudah diajukan. Ramlan menyatakan tengah mempersiapkan enam Guru Besar untuk diajukan pada tahun depan. “Kami berharap sebelum memasuki tahun 2024, akan ada lagi setidaknya lima orang lagi. Dan yang akan diajukan per bulan Februari mendatang ada enam orang,” katanya.

Tak lupa, Ramlan pun menyampaikan terima kasih kepada jajaran LLDIKTI Wilayah III yang telah memberikan bimbingan, pendampingan, bantuan dan arahan kepada Unas, baik dalam persoalan tata kelola perguruan tinggi maupun yang berkaitan dengan peningkatan jenjang jabatan akademik dosen.

Prof. Sigit ditetapkan sebagai Guru Besar setelah menerima Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang diserahkan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah III  Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc. Adapun Prof. Dr. Drs. A.F. Sigit Rochadi, M.Si. ditetapkan sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Sosiologi berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 61549/M/07/2023 tentang kenaikan jabatan akademik dosen.

Dalam surat keputusan tersebut tertulis bahwa berdasarkan penetapan angka kredit Plt. Direktur Jenderal Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor : 2652/E4/KP/GB/2023 tanggal 02 Oktober 2023 dosen yang bersangkutan diangkat dalam jabatan Profesor. Prof. Sigit memperoleh angka kredit sebesar 857,70 Angka kredit tersebut diperoleh dari  pelaksanaan pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang dijalani oleh Prof. Sigit selama menjadi dosen.

Baca Juga :   Tingkatkan Program Kreativitas Mahasiswa, HIMAKEP Adakan Musyawarah Mahasiswa 2023

Kepala LLDIKTI Wilayah III  Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc. dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada para Guru Besar yang telah mencapai kepangkatan tertinggi jabatan akademiknya. Ia juga bersyukur Perguruan Tinggi yang ada dibawah koordinasi LLDIKTI Wilayah III terus melahirkan Guru Besar sehingga jumlah Guru Besar nya terus bertambah.

Prof. Toni juga mengatakan, LLDIKTI Wilayah III sangat serius terhadap usulan Guru Besar. Menurutnya, dengan bertambahnya Guru Besar di suatu Perguruan Tinggi berarti semakin improve kualitasnya. “Karena jabatan akademik tertinggi ini inline dengan kualitas yang ada di kampusnya,” kata Prof. Toni. Diakhir sambutannya, Prof. Toni menyampaikan, agar para Guru Besar terus memberikan kontribusi bagi bangsa dan tidak lupa untuk membimbing dosen lainnya.

“Artinya para guru besar harus menjadi akademik leader untuk para dosen dibawahnya yang sebidang. Jadi, para Rektor diharapkan punya target, punya program, bahwa setiap guru besar punya anggota atau member untuk dijadikan Guru Besar berikutnya dan kalau itu berjalan dengan baik, maka proses untuk menambah kuantitas maupun kualitas jabatan akademik tertinggi akan semakin cepat,” ujarnya.

Turut mendampingi dalam penyerahan surat keputusan Guru Besar Prof. Dr. Drs. A.F. Sigit Rochadi, M.Si. yaitu Ketua Pengurus Yayasan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan (YMIK) Dr. Drs. Ramlan Siregar, M.Si., Wakil Rektor Unas Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., Wakil Rektor Unas Bidang Administrasi Umum, Keuangan, dan SDM Prof. Dr. Drs. Eko Sugiyanto, M.Si. dan Kepala Biro SDM UNAS Dr. Edi Sugiono, S.E., M.M. (*DMS)

 
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!