Tunjang Karya Ilmiah, Prodi Sastra Inggris Adakan Pelatihan Mendeley

Jakarta (UNAS) – Dalam menulis karya ilmiah, baik skripsi, tesis maupun disertasi diwajibkan untuk mencantumkan daftar pustaka untuk menghindari plagiarism. Penulisan daftar pustaka menjadi kendala yang sering dihadapi mahasiswa dalam penulisan karya ilmiah, untuk itu guna menunjang karya ilmiah Program Studi Sastra Inggris mengadakan Pelatihan Mendeley pada Jumat (28/10).

Mendeley adalah sebuah aplikasi yang sangat dibutuhkan bagi para mahasiswa terutama dalam proses pembuatan artikel ilmiah, jurnal, hingga penyusunan skripsi maupun tesis. Pelatihan  dipandu oleh dosen Prodi Sastra Inggris Nico Harared, S.Hum., M.A., dan Evi Jovita Putri, S.Hum., M.A., di Lantai 1 Blok 4 Universitas Nasional.

Nico Harared, S.Hum., M.A., mengatakan aplikasi manager referensi tersebut sangat berguna dan dibutuhkan untuk mahasiswa tugas akhir dalam menulis tugas akhir atau skripsi. “ Pelatihan ini untuk mengajak teman-teman tingkat akhir menginstal aplikasi mendeley untuk menghindari plagiarisme. Ketika kita nanti menulis sebuah artikel untuk publikasi akan melalui proses editor supaya cocok dengan standard Mendeley, kalau nanti cocok dengan standard Mendeley maka artikel bisa ke tahap publikasi tetapi kalau tidak cocok artikel akan dikembalikan,” paparnya.

Dalam kegiatan pelatihan mendeley, peserta mahasiswa tingkat akhir dibimbing secara intensif mulai dari proses pendaftaran akun, instalasi aplikasi Mendeley Desktop, pengelolaan referensi ilmiah bingga sitasi menggunakan Mendeley.

Pada kesempatan yang sama Evi Jovita Putri, S.Hum., M.A., juga menjelaskan bahwa aplikasi Mendeley akan membantu mahasiswa dalam menuliskan daftar pustaka. “ Mendeley nantinya akan membantu teman-teman menulis daftar pustaka, bagaimana cara menulis sitasi dan mengecek kesalahan sebuah karya ilmiah. Mendeley ino akan sangat membantu temen-teman di dunia publikasi ilmiah,” pungkas Evi.

Disisi Lain, peserta pelatihan Firli Afanti mengatakan terbantu dengan adanya pelatihan Mendeley. “Dengan penjelasan yang mudah dipahami dan detail saya jadi paham bagaimana menggunakan Mendeley itu sendiri yang akan memudahkan saya dalam pengutipan di penulisan penelitian,” jelasnya.

Baca Juga :   Virtual Scientific Visit (HIMABIO UNAS)

Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa tingkat akhir bisa mengaplikasikan Mendeley, pelatihan pengelolaan referensi ilmiah menggunakan Mendeley ini dapat meningkatkan kualitas hasil karya ilmiah penelitian di Universitas Nasional. (*TIN)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!