Tunjang Karya Ilmiah, Prodi Sastra Inggris Adakan Pelatihan Mendeley

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta (UNAS) – Dalam menulis karya ilmiah, baik skripsi, tesis maupun disertasi diwajibkan untuk mencantumkan daftar pustaka untuk menghindari plagiarism. Penulisan daftar pustaka menjadi kendala yang sering dihadapi mahasiswa dalam penulisan karya ilmiah, untuk itu guna menunjang karya ilmiah Program Studi Sastra Inggris mengadakan Pelatihan Mendeley pada Jumat (28/10).

Mendeley adalah sebuah aplikasi yang sangat dibutuhkan bagi para mahasiswa terutama dalam proses pembuatan artikel ilmiah, jurnal, hingga penyusunan skripsi maupun tesis. Pelatihan  dipandu oleh dosen Prodi Sastra Inggris Nico Harared, S.Hum., M.A., dan Evi Jovita Putri, S.Hum., M.A., di Lantai 1 Blok 4 Universitas Nasional.

Nico Harared, S.Hum., M.A., mengatakan aplikasi manager referensi tersebut sangat berguna dan dibutuhkan untuk mahasiswa tugas akhir dalam menulis tugas akhir atau skripsi. “ Pelatihan ini untuk mengajak teman-teman tingkat akhir menginstal aplikasi mendeley untuk menghindari plagiarisme. Ketika kita nanti menulis sebuah artikel untuk publikasi akan melalui proses editor supaya cocok dengan standard Mendeley, kalau nanti cocok dengan standard Mendeley maka artikel bisa ke tahap publikasi tetapi kalau tidak cocok artikel akan dikembalikan,” paparnya.

Dalam kegiatan pelatihan mendeley, peserta mahasiswa tingkat akhir dibimbing secara intensif mulai dari proses pendaftaran akun, instalasi aplikasi Mendeley Desktop, pengelolaan referensi ilmiah bingga sitasi menggunakan Mendeley.

Pada kesempatan yang sama Evi Jovita Putri, S.Hum., M.A., juga menjelaskan bahwa aplikasi Mendeley akan membantu mahasiswa dalam menuliskan daftar pustaka. “ Mendeley nantinya akan membantu teman-teman menulis daftar pustaka, bagaimana cara menulis sitasi dan mengecek kesalahan sebuah karya ilmiah. Mendeley ino akan sangat membantu temen-teman di dunia publikasi ilmiah,” pungkas Evi.

Disisi Lain, peserta pelatihan Firli Afanti mengatakan terbantu dengan adanya pelatihan Mendeley. “Dengan penjelasan yang mudah dipahami dan detail saya jadi paham bagaimana menggunakan Mendeley itu sendiri yang akan memudahkan saya dalam pengutipan di penulisan penelitian,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa tingkat akhir bisa mengaplikasikan Mendeley, pelatihan pengelolaan referensi ilmiah menggunakan Mendeley ini dapat meningkatkan kualitas hasil karya ilmiah penelitian di Universitas Nasional. (*TIN)

Berita Terbaru
Chat with Us!