Selenggarakan Yudisium, Fisip Unas Lepas 478 Lulusan

Jakarta (Unas) – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional (Fisip Unas) menyelenggarakan yudisium kepada 478 lulusan tahun akademik 2022/2023 di Auditorium, Kamis, (12/10). Yudisium merupakan agenda rutin Fisip Unas setiap periodenya dalam rangka melepas para lulusan memasuki dunia kerja.

“Yudisium merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik karena ini merupakan satu basis kultural atau budaya yang ingin dibangun dan terus dipelihara dilingkungan Fisip sebagai simbol pencapaian kinerja akademik pada semua jenjang seluruh program studi baik S1, S2 maupun S3,” ujar Dekan Fisip Unas Dr. Erna Ermawati Chotim, S. Sos., M.Si., dalam sambutannya.

Ia menambahkan bahwa yudisium sebagai tanda pelepasan dari pimpinan Fakultas, prodi atau dosen kepada calon wisudawan untuk masuk pada jenjang kehidupan yang lainnya. Erna pun mendoakan semoga ilmu yang didapat selama perkuliahan mendapat barokah dan bermanfaat dunia dan akhirat kelak. “Kami berharap pengukuhan lulusan menjadi bekal untuk mengembangkan pengetahuan dan menjadi solusi dari persoalan-persoalan yang ada menegakkan kebenaran dan kejujuran dan tentunya menegakkan nilai-nilai keadilan,” ungkap Erna.

Ia juga berpesan kepada lulusan untuk senantiasa fokus dengan apa yang dikerjakan dan mampu menyelesaikannya. Erna pun mengingatkan agar terus mengasah kemampuan untuk berkompetisi, lengkapi diri dengan pengetahuan dan skill atau keterampilan kontemporer pada bidang masing-masing, serta terus melatih kemampuan berinovasi dan solutif terhadap berbagai persoalan dihadapi.

“Selain itu perkuat nilai, norma, dan etika serta prinsip kebersamaan, berkolaborasi sebagai perisai kalian menghadapi dunia dengan semua tantangan yang akan kalian hadapi,” pungkasnya.

Wakil Rektor Unas Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., yang hadir memberikan sambutan turut menyampaikan selamat kepada lulusan Fisip yang telah menyelesaikan tahap pendidikannya. “Kami atas nama pimpinan Unas, mengucapkan selamat atas lulusnya calon wisudawan dan wisudawati semoga dengan kelulusan ini sebagai tanda bahwa anda mampu menyelesaikan target atau keinginan anda untuk masuk ke tahap yang lebih sukses dan berhasil,” ucapnya.

Baca Juga :   Peringatan Maulid Nabi 1442H (PPI UNAS)

Ia mengatakan bahwa dengan telah lulusnya sebagai mahasiswa, tentunya para calon wisudawan dan wisudawati secepatnya akan mencari pekerjaan sesuai yang diinginkan. Mengingat banyaknya lulusan yang membutuhkan pekerjaan, kata Prof. Suryono, pihaknya Unas telah memiliki pusat karir, dimana terdapat berbagai informasi terkait dengan lowongan pekerjaan ataupun pelatihan untuk meningkatkan keterampilan calon wisudawan dan wisudawati.

“Kami sudah bekerjasama dengan sepuluh perusahaan dan instansi untuk bisa membantu para alumni ingin berkarir dimana. Bukan hanya ada lowongan saja namun juga ada bimbingan seperti bagaimana melakukan wawancara atau cara membuat CV yang baik dan setiap satu bulan sekali pasti dilakukan melalui kerjasama tersebut,” pungkasnya.

“Oleh karena itu, saya mengharapkan dapat dimanfaatkan pusat karir ini oleh alumni sehingga dapat membantu karir calon wisudawan dan wisudawati kedepan,” tambah Prof. Suryono.

Adapun dalam acara ini juga dibacakan SK kelulusan dan mahasiswa berprestasi dengan IPK tertinggi dari setiap program studi yang masing-masing dibacakan oleh Wakil Dekan Fisip Bidang Administrasi Umum dan Akademik Dr. Bhakti Nur Avianto, S.I.P., M.Si., dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Administrasi Umum Dr. Aos Yuli Firdaus, S.I.P., M.Si.

Yudisium yang mengambil tema “Fisip Melaju Pesat Untuk Mencapai Unggul” ini pun diisi dengan beberapa kegiatan dan hiburan seperti pidato dari lulusan terbaik, tarian, modern dance dan nyanyian dari mahasiswi dan alumni. Selain itu juga menghadirkan alumni dalam sesi Talkshow yaitu Fahmi Zikrillah selaku Anggota KPUD DKI Jakarta untuk membagikan kisah inspiratifnya kepada lulusan. Acara ini pun ditutup dengan foto bersama setiap program studi. (*DMS)

Bagikan :
Berita Terbaru
Pengumuman

Informasi Pengambilan KTM

  PENGUMUMAN Disampaikan Kepada Mahasiswa Angkatan 2022 Yang Masuk Pada Semester Ganjil Maupun Genap Dan Mahasiswa Angkatan 2023 Semester Ganjil.

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!