Sosialisasi Konversi Distribusi Mata Kuliah Prodi SI kepada Mahasiswa Tahun Akademik 2021/2021

Jakarta (UNAS)- Memasuki tahun akademik 2021/2022 dan diterapkannya kurikulum MBKM, Program Studi Sistem Informasi mengadakan sosialisasi konversi dan distribusi mata kuliah pada Sabtu (11/9). Program Studi Sistem Informaasi Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika (FTKI) Universitas Nasional (Unas) juga melakukan sosialisasi pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) kepada mahasiswa pada hari yang sama.

Ira Diana Sholihati, S.SI, M.MSI

Dalam paparannya, Sekretaris Prodi Sistem Informasi Ira Diana Sholihati, S.SI, M.MSI menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait persyaratan pengisian KRS serta penyampaian perubahan yang ada pada distribusi mata kuliah. 

“Acara hari ini adalah melakukan sosialisasi mengenai konversi dan pengisian KRS, dimana bertujuan untuk memberikan informasi terkait persyaratan pengisian KRS serta penyampaian perubahan yang ada pada distribusi mata kuliah,” jelasnya dalam zoom.

Ira juga berharap mahasiswa akan paham bagaimana caranya untuk memilih mata kuliah yang akan ditempuh. “ Melalui sosialisasi ini diharapkan mahasiswa akan paham bagaimana cara untuk memilih mata kuliah, memposting KRS, juga konsultasi dengan dosen Pembimbing Akademik (PA), sehingga perkuliahan dapat berjalan baik dan lancar , ” tambahnya.

Andrianingsih, S.Kom., M.Kom

Pada kesempatan yang sama, Ketua Prodi Sistem Informasi Andrianingsih, S.Kom., M.Kom menjelaskan mengenai perubahan yang terjadi pada distribusi mata kuliah tahun akademik 2021/2022. “Pada saat pengisian KRS ganjil 2021/2022 saat ini akan disosialisasikan mata kuliah apa saja yang ada di setiap semester ganjil dan genap karena kita ada perubahan mata kuliah, ada yang diganti mata kuliah ada yang berubah menjadi gabungan,”paparnya Andri.

“Untuk semester satu mata kuliah masih sama namun untuk mata kuliah Matematika Sistem Informasi akan masuk ke link Prodi Informatika dan akan menjadi kelas gabungan, kemudian semester 5 ada Pengantar Informasi Bisnis berubah menjadi Cyber Space, Di semester 6 ada mata kuliah Biomedical Engineering, Smart Agriculture, Automated Verification dan akan ada kerja praktek, ” tambahnya.

Lebih detail lagi, Andri juga menjelaskan bahwa untuk pengambilan skripsi berubah menjadi 2 sks.  “ Skripsi atau Tugas Akhir yang tadinya 6 sks ini menjadi 2 sks dan harus menempuh Seminar dan publikasi 4 sks. Total keseluruhan semester 1-7 ada 144 sks dan Sistem Informasi tidak ada lagi matakuliah pilihan, yang sudah terlanjur mengambil mata kuliah pilihan akan dikonversi dengan mata kuliah yang baru,” imbuhnya. (*TIN)