Seminar Peran Multidisiplin Ilmu Untuk Pembangunan Nasional

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Seminar_Multi_Disiplin
Sebanyak 15 Dosen dari Civitas UNAS melakukan penelitian untuk Pembangunan Nasional
 
Jakarta [UNAS] – Seminar peran multidisiplin ilmu untuk pembangunan nasional diselenggarakan di ruang seminar Lt. 3 Universitas Nasional, Seminar ini merupakan hasil kegiatan penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Nasional. Seminar membahas tentang keterkaitan ilmu dengan tidak hanya mengandalkan satu ilmu tapi multi-ilmu sehingga pembangunan nasional bisa tercapai dengan cepat dan terarah. Seminar terbagi atas empat sesi dengan empat moderator yaitu sesi pertama sampai keempat dengan moderator Dr. Harini Nurcahya, Dr. Tatang Mitra Setia, Dra. Suprihatin, M.Si., dan Drs. Ikhsan Matondang M.Si.

“Segala bidang ilmu seperti Ekonomi, Hukum, Biologi, Bahasa dan Sastra, Politik, Sosiologi, Teknik Informatika dan lain-lain sangat diperlukan, dalam hal ini seminar peran multi disiplin ilmu untuk pembangunan nasional sangat perlu diselenggarakan untuk melihat ilmu terkait dari hasil penelitian dosen dan juga perlu dilakukkan seminar hasil dari penelitian ini untuk berbagi pengalaman, pengetahuan dan wawasan”, ujar Ketua Pelaksana Seminar, Dr. Tatang Mitra Setia, Kamis (10/12).

Para Pemakalah merupakan dosen Universitas Nasional. Seminar ini menghadirkan 15 dosen pemakalah dari berbagai bidang keilmuan, yang dibagi menjadi empat sesi. Adapun para pemakalah dengan materi yang disampaikan adalah:
* Dian Metha Ariyanti S.Sos., M.Si, dengan judul Komunikasi Pemasaran Madu di Era New Media (Sebuah Studi Deskriptif Kualitatif terhadap Laman Madu di Indonesia Tahun 2014).
* Drs. Muhammad Djamal, M.Si. dengan judul materi Peningkatan Daya Saing Sepatu pada Setra Produksi Cibaduyut Bandung, Jawa Barat.
* Iskandarsyah, M.Hum Pemetaan Bahasa Aktif pada Masyarakat Asli Betawi di Kota Depok dengan materi pertama dan materi kedua dengan judul Analisis Konstruksi Campur Koda pada Balita Dwi-Bahasa.
* Rahayu Lestari, SE., MM, Pengaruh Komitmen Akademik, Lingkungan Kerja dan Penerapan KBK terhadap Tanggung Jawab Profesi dan Motivasi Dosen Perguruan Tinggi.
* Diah Ratu Sari Harahap, SH., M.Hum, Penanganan Kasus Kekerasan dalam Rumah Tangga Pasca Terbitnya Undang-undang No. 23 Tahun 2004 di Wilayah DKI Jakarta.
* Dr. Arisman, SH., MH, Perlindungan Hak Konstitusional Masyarakat dalam Konflik Lahan di Wilayah Register 45 Mesuji Lampung.
* Yentina Siregar, SE., AK., M.Si. (Analisis Extrinsic Motivation, Absorptive Capacity Sikap Individu atas Perilaku Sharing Knowledge).
* Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat oleh Sufyati HS, SE., MM.
* Kewenangan Pengajuan Permohonan Pailit pada pasal 2 UU Nomor 37 Tahun 2004 oleh Erma Defiana Putriyanti, SH.,MH.
* Karakteristik Tubuh Ayam hasil Persilangan oleh Dr. Harini Nurcahya Mariandayani, M.Si.
* Perancangan Pengendali Crane Menggunakan Personal Computer oleh Novi Azman, ST., MT.
* Implementasi Duffing – Map pada Algoritma Kryptografi Ciher Block oleh Agus Wibowo, ST., MT.
* Karakteristik Sensor Pergeseran dengan Fiber Optik Jenis Pasangan dan Konsentris oleh Purwantiningsih, S.Si., M.Sc.
* Perancangan Aplikasi Sistem Navogasi AGV berbasis Arduino Uno dan Labview oleh Fuad Djauhari, ST., MT. dan
* Penerapan Rule Firewall sebagai Pencegah Serangan Dos/DdoS Menggunakan IP Table oleh Ir. Rianto Nugroho , MT.

“Kegiatan ini sangat positif, tidak hanya untuk dosen namun juga bagi mahasiswa Universitas Nasional. Sebagai dosen, penelitian merupakan kewajiban kami dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Penelitian ini juga dapat menginspirasi para mahasiswa dan membantunya untuk mengetahui kajian terkini dan perkembangan keilmuan yang ada”, tutur dosen Ilmu Komunikasi, Dian Metha Ariyanti. (

Berita Terbaru
Chat with Us!