Dorong PKM, FTS Lakukan Sosialisasi kepada Mahasiswa

Jakarta (Unas) – Fakultas Teknik dan Sains (FTS) Universitas Nasional lakukan sosialisasi dan coaching clinic mengenai Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), di Ruang Seminar Selasar lantai III, pada Kamis (23/02). Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari Program Studi Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Fisika, dan Fisika.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan FTS, Dr. Viktor Vekky R Repi, S.T., M.T. ,mengatakan, kegiatan ini diadakan untuk memberikan arahan kepada mahasiswa mengenai PKM khususnya mulai dari penyusunan proposal yang kreatif, inovatif, dan sesuai dengan standar Dikti.

“PKM ini merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu yang dipelajarinya di bangku kuliah kepada masyarakat luas. Adanya sosialisasi ini kami berharap mahasiswa sudah memiliki gambaran untuk menyusun proposalnya sesuai dengan minat dan bakat masing-masing,” katanya.

Vekky juga berharap, nantinya, masing-masing program studi dapat memberikan perwakilan  untuk menyerahkan proposal PKM. “Paling tidak minimal ada empat proposal mewakili masing-masing podi untuk submit ke skema PKM yang ada di Dikti,” ucapnya.

Hadir sebagai narasumber, Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom., mengatakan, keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan PKM dapat mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) yang menjadi landasan transformasi pendidikan tinggi di Indonesia.

“Khususnya lulusan akan mendapat pekerjaan yang layak, mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, dosen berkegiatan di kampus, serta hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat, “ jelasnya.

Ia melanjutkan, dalam kegiatan PKM ini mahasiswa juga akan dibantu oleh dosen pendamping selama penyusunan proposal. “Bagi dosen, PKM bermanfaat untuk mendukung kinerja dan meningkatkan kemanfaatkan hasil karya dosen. PKM tersebut juga dapat digunakan sebagai solusi untuk menyelesaikan masalah industri, pemerintah, dan masyarakat,” tuturnya.

Baca Juga :   Kuliah Umum Fakultas Hukum UNAS "OMNIBUS LAW DALAM SISTEM KETATANEGARAAN DI INDONESIA"

Heni menambahkan, proses pelaksanaan PKM ini dimulai dari penyusunan proposal, pengajuan proposal, didanai, pelaksanaan program, laporan kemajuan yang dinilai melalui Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2), penyusunan laporan akhir, sampai pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Dilansir dari simbelmawa.kemdikbud.go.id, PKM dibagi menjadi beberapa topik yakni Riset Eksakta (PKM-RE), Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH), Kewirausahaan (PKM-K), Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM), Penerapan Iptek (PKM-PI), Karsa Cipta (PKM-KC), Karya Inovatif (PKM-KI), Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK), Gagasan Futuristik Tertulis (PKM-GFT), dan Artikel Ilmiah (PKM-AI). 

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!