Rayakan Kebersamaan dan Silaturahmi, Keluarga Besar Yayasan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan (YMIK) Gelar Buka Puasa Bersama 1445 H

Jakarta (UNAS) – Setelah empat tahun ditiadakan buka puasa bersama keluarga besar YMIK secara offline pasca corona virus’19, kini keluarga besar YMIK kembali menggelar kegiatan buka puasa bersama secara langsung dengan penuh hikmah dan rasa syukur sehingga kegiatan ini menjadi momentum penting dalam memperkuat silaturahmi di lingkungan Universitas Nasional (UNAS). Kegiatan ini diselenggarakan pada Rabu, (27/03/2024) di Gedung Auditorium Cyber, Universitas Nasional Jl. Sawo Manila No.61, Pejaten Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Dalam kegiatan yang berlangsung di Gedung Auditorium ini, turut hadir Rektor UNAS Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A, Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt., Ketua Pengurus YMIK Dr.H.Ramlan Siregar, M.Si., Dosen Program Magister Manajemen Pendidikan Islam -Pascasarjana PTIQ Dr, Farizal Marilius, M.M, selaku ustadz dalam buka puasa bersama YMIK, Kepala Biro Administrasi Sumber Daya Manusia Prof. Dr. Ir. Edi Sugiono, S.E., M.M., serta sejumlah pimpinan lainnya dan juga dosen hingga karyawan yang disambut hangat oleh panitia kegiatan.

Kegiatan ini dimulai pukul 17.00 dipandu oleh Kepala Bidang Internal & Eksternal Service, Sutikman, S.T., M.Kom selaku MC,  dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci al-qur’an yang dibacakan oleh Choirul Rizal lalu sambutan dan tausyiah agama.

Ketua Pengurus YMIK Dr.H.Ramlan Siregar, M.Si.,

Dalam sambutannya, Ketua Pengurus YMIK Dr.H.Ramlan Siregar, M.Si., mengatakan puasa ramadhan merupakan ibadah dengan menahan lapar dan haus selama kurang lebih 14 jam yang wajib dilaksanakan oleh  umat muslim ketika ramadhan tiba.

Dr.H.Ramlan Siregar, M.Si., melanjutkan tujuan utama dari ibadah puasa Ramadhan adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, “Ramadhan juga mengajarkan nilai-nilai yakni kesabaran, kedisiplinan, kontrol diri, dan keikhlasan. Oleh karena itu, umat islam diajarkan guna mengendalikan hawa nafsu dan emosi serta meningkatkan kesadaran spiritual umat muslim,” jelasnya.

Baca Juga :   Seminar Get Start to Create a Level up Generation 5.0

Kegiatan buka bersama  ini mengusung tema, ‘Ramadhan 1445 H, Mari Kita Jadikan Sebagai Momentum Mewujudkan Budaya Kerja Yang Berkualitas Menuju Universitas Nasional Menjadi World Class University’, “ini merupakan tuntutan zaman unas dan harus mampu bersaing di dunia Internasional, sehingga proyeksi unas menjadi kampus kelas Dunia harus didukung oleh semua stakeholder,” ujar Dr.H.Ramlan Siregar, M.Si dalam sambutannya.

Dalam buka puasa bersama, Ia berharap agar unas lebih unggul dan lebih maju dalam menghasilkan insan akademis pencipta dan pengabdi di dalam masyarakat.

Dr, Farizal Marilius, M.M.,Dosen Program Magister Manajemen Pendidikan Islam -Pascasarjana PTIQ

Kegiatan dilanjutkan dengan tausiah agama dan doa buka puasa bersama yang disampaikan oleh Dosen Program Magister Manajemen Pendidikan Islam -Pascasarjana PTIQ Dr, Farizal Marilius, M.M., selaku ustadz dalam buka puasa bersama YMIK. Ia mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara yang telah memfasilitasi segenap civitas akademika yang berkumpul dalam momen ramadhan in. “Oleh karena itu, diadakan silaturahmi akbar ini guna meningkatkan persaudaraan dalam keluarga besar UNAS,” tuturnya.

Ia melanjutkan, tanpa terasa bulan penuh ampunan ini sudah berjalan malam ke-16, dan setelah melewati bulan Ramadhan akan tiba waktunya hari raya idul fitri. Idul fitri dilakukan untuk merayakan kemenangan mengendalikan hawa nafsu selama bulan Ramadhan.

Setelah mengikuti pembacaan ayat suci Al-Qur’an, kata sambutan dan juga tausiah agama. Dilanjutkan dengan pembacaan doa dan buka puasa bersama dengan menyantap takjil yang sudah disajikan. Setelah menyantap makanan dan minuman, acara ini berakhir dengan sholat maghrib berjamaah. (SAF) 

Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!