Selenggarakan Yudisium, FISIP Dorong Lulusan Kuatkan Kepercayaan Diri Untuk Siap Berkompetisi

Jakarta (UNAS) – Yudisium merupakan bagian dari rangkaian penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi yang harus dilakukan oleh setiap program studi. Dengan adanya yudisium, mahasiswa telah dinyatakan selesai menempuh studi nya secara tuntas baik proses akademik maupun administrasi. Oleh karena itu, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) kembali menyelenggarakan yudisium periode semester ganjil tahun akademik 2018/2019. Acara yang berlangsung pada Senin (15/4) dan bertempat di Auditorium Blok 1 lantai 4 Universitas Nasional itu di hadiri oleh Dekan FISIP Dra. Truly Wangsalegawa, M.A., M.Ed., Ph.D, Wakil Dekan FISIP Bidang Kemahasiswaan Aos Yuli Firdaus, S.IP., M.Si. dan seluruh Ketua prodi di lingkungan FISIP

Dalam sambutannya, Dekan FISIP Dra. Truly Wangsalegawa, M.A., M.Ed., Ph.D mengatakan bahwa tema  yudisium kali ini merupakan refleksi dari persaingan yang semakin ketat di dunia kerja yang membutuhkan keahlian lebih untuk menjawab tantangan. Menurutnya, saat ini dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut lulusan untuk mengembangkan kemampuan nya.

“Pada masa ini, kecanggihan teknologi sudah tidak dapat dihindari, mahasiswa yang masuk dan keluar dari perguruan tinggi bertambah banyak setiap tahunnya dan setiap semesternya, sehingga persaingan semakin ketat. Oleh karena itu, kalian harus menguatkan kepercayaan diri untuk siap berkompetisi tapi saya yakin, apa yang sudah kalian dapatkan disini dapat membuat kalian yakin dan lebih siap berkompetisi,” ujar Truly.

Truly berpesan agar para lulusan dapat terus meningkatkan kompetisi diri baik hard skill maupun soft skill. “Lengkapi diri kalian tidak hanya dengan gelar sarjana. Namun keahliannya lainnya seperti keahlian bahasa, keahlian teknoloigi, komputer dan lain-lain itu sangat penting untuk masuk kedalam dunia kerja, sebab di luar sana persaingan begitu ketat,” ungkapnya

Angga Sulaiman, S.I.P., M.Si. sebagai ketua pelaksana menjelaskan bahwa tema yudisium yang di usung sesuai dengan tantangan kedepan yang membutuhkan kepercayaan lebih dalam menghadapi persaingan. “Dengan tema “Kuatkan kepercayaan diri untuk siap berkompetisi” karena inilah yang menjadi modal bagi siapapun yang ingin unggul dibidang nya masing-masing,” ucap Angga yang menjabat sebagai sekretaris program studi administrasi publik.

Melalui yudisium kali ini, Angga pun mengajak para lulusan untuk terus meningkatkan kepercayaan diri. “Karena itu, momentum ini untuk menegaskan kepada kita agar percaya pada apa yang kita raih untuk selanjutnya mampu berkompetisi mengangkat harkat derajat martabat diri, keluarga , dan almamater kita,” pungkasnya.

Pada yudisium kali ini, FISIP berhasil meluluskan 109 mahasiswa dari lima program studi antara lain program studi ilmu politik 8 wisudawan, program studi hubungan internasional 28 wisudawan, program studi administrasi publik 39 wisudawan, program studi sosiologi 3 wisudawan, program studi ilmu komunikasi 31 wisudawan.

Selain itu, sebagai bentuk apresiasi kepada para lulusan terbaik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik memberikan penghargaan berupa sertifikat dan cinderamata pada setiap masing-masing  lulusan program studi, diantaranya Muhammad Padjri Duhadari dari prodi Ilmu Politik dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,75, Yulita Maudina dari prodi Hubungan Internasional dengan IPK 3,88, Adi Nurul Hadi dari prodi Administrasi Publik dengan IPK 3,9, Revin Mangaloksa dari prodi Sosiologi dengan IPK 3,64, dan Yuni Roismawati Fatma dari prodi Ilmu Komunikasi dengan IPK 3,81. (*DMS)