Prodi Sastra Inggris Implementasikan Mata Kuliah Teaching English for Specific Purposes Dengan Mengajar di Sekolah

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Prodi Sastra Inggris Implementasikan Mata Kuliah Teaching English for Specific Purposes

Jakarta (UNAS) – Teaching English for Specific Purposes merupakan salah satu mata kuliah di Program Studi Inggris, Fakultas Bahasa dan Sastra, baru- baru ini Prodi Sastra Inggris bersama dengan mahasiswa yang mengambil kelas Teaching English for Specific Purposes mengadakan pengabdian kepada masyarakat dengan cara berbagi ilmu yang telah diberikan oleh dosen pengampu sebagai bentuk nilai Ujian Akhir Semester.

Dalam ringkasan yang diberikan kepada Tim Humas UNAS, Intan Firdaus, S.S., M.Hum., sebagai dosen pengampu matakuliah menyampaikan pada kesempatan Ujian Akhir Semester ini para mahasiswa diminta untuk berbagi ilmu kepada teman-teman di Sekolah Menengah Atas dan sederajat. “Kegiatan ini untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa atas ilmu yang didapat selama satu semester perkuliahan. Sekolah menengah yang didatangi ada di wilayah Jakarta, Depok, dan Belitung. Dalam kegiatan salah satu guru Bahasa Inggris juga menantang mahasiswa untuk mengajarkan topik yang sesuai dengan kurikulum mereka”, tulis Intan.

Kelas ini merupakan perubahan dari kelas English for Children, yang mengambil evaluasi dari hasil perkuliahan sebelumnya. Mata Kuliah Teaching English for Specific Purposes ini merupakan mata kuliah pilihan yang bisa diambil dari semester 4 sampai semester 6. Kelas ini bertujuan memberikan ilmu metode pengajaran untuk mahasiswa sehingga mereka nantinya bisa berbagi ilmu melalui metode pengajaran yang sudah mereka dapat.

“Hasil akhir dari kelas ini adalah dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan cara berbagi ilmu terkait Bahasa dan Sastra Inggris. Pada kesempatan Ujian Akhir Semester kali ini, seluruh mahasiswa aktif di kelas Teaching English for Specific Purposes melakukan kegiatan pengajaran di beberapa sekolah menengah sederajat dari minggu pertama Ujian akhir hingga minggu kedua (1-8 Agustus)”, jelasnya.

Sekolah yang dipilih adalah MA Darul Ma’arif, SMK Negeri 56 Jakarta, SMA Muhammadiyah 5 Jakarta, SMK Negeri 56 Jakarta, SMK ADI LUHUR JAKARTA, SMAN 1 Tanjungpandan Belitung, SMA 2 Perguruan Cikini Sawangan, dan SMAN 17 JAKARTA.

Dosen Prodi Sastra Inggris Universitas Nasional tersebut juga berharap agar kelasnya semakin diminati dan bermanfaat. “Semoga kedepannya kelas ini makin banyak pesertanya dan makin memberikan banyak manfaat untuk banyak pihak”, tutupnya. (*TIN)

 

Berita Terbaru
Chat with Us!