Teater Ghanta, Toreh Prestasi pada Gebyar Sastra Pemuda II 2012

Gebyar Sastra Pemuda II merupakan pagelaran yang diselenggarakan oleh lembaga BARA Indonesia bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) Republik Indonesia.
 
Jakarta (UNAS) – Setelah sebelumnya prestasi gemilang diukir oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tertua di Universitas Nasional, yaitu Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam (HIMPALA) dengan ditaklukkannya puncak gunung Ama Dablam, Nepal. Kini giliran UKM tertua kedua, Teater Ghanta menyumbangkan prestasi untuk UNAS melalui karya gemilangnya pada Gebyar Sastra Pemuda II 2012.

Tidak tanggung – tanggung, pada pagelaran yang diselenggarakan oleh lembaga BARA Indonesia bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) Republik Indonesia pada Rabu – Kamis (7-8/11) di Gedung Kesenian Tjitjih, Jl. Kabel Pendek Cempaka Putih – Jakarta Pusat, UKM Teater Ghanta berhasil menyabet tiga gelar juara pada kategori yang berbeda, yaitu Juara I baca puisi tingkat mahasiswa dan umum yang diraih oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unas, Diah Lestari, Juara III baca puisi tingkat mahasiswa dan umum yang diperoleh oleh mahasiswa Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika (FTKI), Faris Asjaka, dan Group Terbaik II pada musikalisasi puisi.

“Untuk puisi, Alhamdulillah juara I dan III bisa kita raih. Pesertanya umum, sekitar ada 30 orang dari berbagai sanggar dan perguruan tinggi, juga Sekolah Menengah Atas,” papar Diah Lestari saat ditemui di Ruang UPT Marketing & Public Relations Universitas Nasional, Jum’at (17/11).

Tidak hanya itu, wanita yang membawakan puisi berjudul “Sajak Palsu” ini menjelaskan tentang tiga komponen penilaian utama pada kategori pembacaan puisi, yaitu penafsiran, penghayatan dan vokal, berbeda dengan musikalisasi puisi yang menambahkan komponen harmonisasi dan komposisi dalam penilaian. “yang terpenting, kita mampu menghayati dan menafsirkan puisi yang kita bawakan saat di atas panggung,” imbuh Diah.

Untuk kategori baca puisi, posisi juara I dan III berhasil diraih oleh Teater Ghanta, dan juara II diduduki oleh mahasiswa delegasi Universitas Negeri Jakarta, Ayu Puspa Nanda. Sementara untuk kategori musikalisasi puisi, Teater Ghanta sukses mendapatkan gelar sebagai group terbaik II disusul oleh Sanggar Denting yang menduduki posisi III dan perolehan terbaik I diraih oleh Perguruan Advent I Jakarta. (Herlina, A.Md)