PLBA FTKI Dorong Mahasiswa Baru Pahami Konsep Pembelajaran Menuju Era Society 5.0

Jakarta (Unas) – Fakultas Teknologi, Komunikasi, dan Informatika (FTKI) Universitas Nasional (Unas) lakukan kegiatan Pengenalan Lingkungan dan Budaya Akademik (PLBA) kepada mahasiswa baru semester ganjil tahun akademik 2021/2022, pada Sabtu (25/09). Kegiatan ini merupakan lanjutan dari rangkaian PLBA Universitas yang digelar pada 23-24 September 2021.

Hadir sebagai narasumber, Guru Besar FTKI Unas, Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T., mengatakan, mahasiswa baru perlu memiliki semangat dan motivasi yang tinggi selama menempuh perkuliahan. Para mahasiswa tersebut juga harus memahami konsep pembelajaran berbasis teknologi, terutama menuju era society 5.0.

Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T.

“Konsep pembelajaran saat ini sudah beralih ke society 5.0 dari sisi sistem pembelajaran perguruan tinggi yaitu sistem pembelajaran inovatif seperti Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), pembelajaran berbasis luaran (outcome based education), rekognisi pembelajaran lampau, dan e-learning,” jelasnya.

Ia melanjutkan, saat ini isi kurikulum mengikuti tren. Namun, tetap sesuai dengan standar dan kaidah yang diimplementasikan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Merdeka belajar juga merupakan tren kelanjutan atau perluasan dari KKNI dan KBK yaitu suatu skema standar penyelenggaraan proses belajar mengajar,” tambahnya.

Guru Besar FTKI itu melanjutkan, MBKM perupakan peningkatan dan perluasan dari KKNI yaitu pengakuan pemerintah terhadap satuan kredit pembelajaran di luar kelas menjadi lebih banyak, dan konsekuensi logisnya ragam alternatif aktivitas pembelajaran menjadi lebih banyak dan luas.

“Oleh karena itu ruang lingkup pembelajarannya hanya dibatasi oleh kehendak pribadi mahasiswa, track path carrier mahasiswa, standar kualifikasi dan kompetensi aktivitas pembelajaran, serta relevansi aktivitas pembelajaran  terhadap RPS,” katanya.

Melalui presentasi berjudul ‘Orientasi Strategi dan Standar Pembelajaran Menuju Era Society 5.0”, Ia juga menghimbau kepada mahasiswa untuk terus aktif sehingga mampu mengikuti perubahan kurikulum.

Dalam sambutannya, Dekan FTKI Unas, Dr. Septi Andryana, S.Kom., MMSI., mengatakan, pada tahun akademik ganjil 2021/2022, FTKI menerima 226 mahasiswa baru dari Program Studi Informatika dan Program Studi Sistem Informasi.

Dr. Septi Andryana, S.Kom., MMSI.

“Program Studi Informatika menerima 106 mahasiswa baru kelas Reguler, dan 18 mahasiswa baru kelas karyawan. Sementara Program Studi Sistem Informasi menerima 92 mahasiswa baru kelas Reguler, dan 10 mahasiswa kelas karyawan,” ujarnya.

Ia turut mengucapkan selamat kepada para mahasiswa baru yang lulus seleksi pendaftaran sehingga bisa melanjutkan pendidikan tinggi di FTKI Unas. “Semoga dengan adanya PLBA Fakultas ini bisa membantu adik-adik mahasiswa baru dalam menempuh perkuliahan di Unas sehingga bisa kuliah dengan baik dan lancar,” tuturnya. Dalam paparannya itu, Dekan juga turut mengenalkan struktur organisasi FTKI kepada mahasiswa baru.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Dekan FTKI Unas, Aris Gunaryati, S.Si., MMSI., mengatakan, selain melakukan kegiatan akademik, mahasiswa juga harus mengadakan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Aris Gunaryati, S.Si., MMSI.

“Mahasiswa dapat mengikuti kegiatan akademik seperti aktivitas perkuliahan yang sudah dijadwalkan prodi, mengikuti pelatihan bersertifikasi, maupun magang di perusahaan atau instansi pemerintah. Selain itu, mahasiswa juga bisa mengikuti penelitian terkait mata kuliah dan berkolaborasi dengan dosen maupun melakukan kegiatan pengabdian dengan mengajak masyarakat untuk dapat memanfaatkan teknologi ICT,” katanya.

Di sisi lain, tambah Aris, mahasiswa juga dapat berpartisipasi dalam bidang non akademik seperti mengikuti kegiatan himpunan secara mandiri dan perlombaan baik tingkat lokal atau provinsi, nasional, maupun internasional.

Kegiatan ini turut diisi pemaparan tentang program studi Informatika oleh Ketua Program Studi, Agus Iskandar, M.Kom., M.Kom., serta pemaparan program studi Sistem Informasi oleh Ketua Program Studi, Andrianingsih, S.Kom., MMSI.

Tak hanya itu, materi dilanjutkan dengan pengenalan sistem informasi akademik oleh Ketua UPM FTKI, Ratih Titi Komala Sari, S.T., MM., MMSI., dan juga pengenalan web kuliah (LMS) Unas oleh Ketua Unit Cyber FTKI, Benrahman, S.Kom., MMSI.

Kegiatan ini diakhiri dengan tanya jawab, serta  pemaparan program kerja Himpunan Mahasiswa Informatika (HIMTI) oleh Ketua HIMTI, M. Amin Aziz, dan pemaparan program kerja Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMASI) oleh Ketua HIMASI, Ilham Rachmandito.

Berlangsung dari pukul 09.00 hingga 16.00, kegiatan ini dipandu oleh Sekretaris Prodi Sistem Informasi, Ira Diana Sholihati, S.Si., MMSI. dan Sekretaris Prodi Informatika, Albaar Rubhasy, S.Si., MTI. Turut hadir dalam kegiatan ini jajaran dosen dan staff FTKI Unas. (NIS)