PPI Unas Adakan Kajian Ramadhan “The Power of Tahajud”

Jakarta (UNAS) – Bulan suci Ramadhan merupakan waktu yang dinanti-nanti oleh para umat muslim. Sama seperti tahun sebelumnya, Ramadhan yang seringkali dijadikan sebagai moment untuk lebih dekat dengan Sang Pencipta dengan beribadah secara berjamaah dan berkumpul bersama keluarga dan teman-teman saat berbuka puasa harus ditunda karena dilakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penularan virus tersebut yang mengakibatkan kegiatan ibadah, bekerja, dan belajar dilakukan di rumah.

Dengan mengikuti anjuran pemerintah dan sebagai sarana untuk menambah wawasan dalam ilmu agama Islam di bulan suci Ramadhan Pusat Pengajian Islam Universitas Nasional mengadakan sesi kajian Ramadhan degan tema “ The Power of Tahajud” ,pada Jumat (23/4) secara virtual bersama dengan Dr. Ahmad Sudirman Abbas MA. Penulis pada buku Keajaiban Sholat Rawatib dan Hajat.

Pada kajian, Dr. Ahmad Sudirman Abbas MA menjelaskan bahwa solat merupakan penegak kehidupan, selain solat lima waktu, ada solat sunah yang baik untuk dilakukan. “Sesungguhnya hidup itu adalah merangkai Langkah, membuat pijakan dan pijakan itu adalah solat, solat sebegai penegak kehidupan kita. Selain kita melakukan solat wajib lima waktu, disela-sela itu salah satunya adalah tahajud dan itu disebutkan dalam al-quran, lakukanlah solat malam karena itu akan menambah amalmu”, jelasnya.

“Ketika orang sedang terlelap tidur, kalian bangun menyempatakan komunikasi vertikal langsung kepada Allah, Solat tahajud menjelang akhir malam bertemunya malam sebelum subuh” tambahnya.

Ia juga menjelaskan ada hal lain selain diberikannya catatan amal dari tangan kanan, solat malam juga akan menerangkan aura dan mendapatkan kedudukan yang mulia dan terpuji. “ Orang yang rajin melakukan solat tahajud akan diberikannya catatan dari tangan kanan, selain itu faedah solat malam akan diterangkannya auranya, mendapatkan kedudukan yang mulia dan terpuji dan hanya orang-orang yang mempunyai pengalaman ini yang dapat menceritakannya”, cerita Ahmad Sudirman.

SHALAT tahajud merupakan shalat sunah yang istiqamah dijalankan Nabi Muhammad SAW dan telah banyak diketahui tentang keutamaan shalat malam ini. Kajian yang dilakukan ba’da Solat Subuh tersebut tedapat lebih dari 30 partisipan yang mengikuti kajian ramadhan “The Power of Tahajud”. (*TIN)

Berita Terkait
English Indonesian
Chat with Us!