PLBA Fakultas Ilmu Kesehatan : Peran Besar Mahasiswa Kesehatan Saat ini

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta (UNAS) – Pandemi Covid-19 belum berakhir di Indonesia membuat banyak tenaga kesehatan (nakes) bertumbangan. Hal itu karena mereka harus berjuang menjadi garda terdepan penanganan pandemi menghadapi risiko yang besar dibanding kelompok masyarakat lain.

Menyikapi hal tersebut, sebagai calon garda terdepan dalam hal kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional baru- baru ini menggelar Pengenalan Lingkungan Budaya dan Akademik (PLBA) kepada mahasiswa baru semester ganjil tahun akademik 2021/2022 pada Sabtu (25/9). Kegiatan ini merupakan lanjutan dari rangkaian PLBA Universitas yang digelar pada 23-24 September 2021.

Hadir sebagai narasumber, ANNI SUCIAWATI S.SiT.,S.H.,M.Kes., M.H menyampaikan pada materinya bahwa peran dan fungsi mahasiswa tak hanya sekedar sukses kuliah. “Mahasiswa harus menyadari bahwa tidak hanya sekedar sukses di kuliah tetapi juga diluar kuliah. Mahasiswa harus menjadi Iron Stok atau generasi bangsa dan memiliki kecerdasan Intelektual,” jelasnya.

Anni juga menyampaikan bahwa mahasiswa adalah Agent of Change dan Guardian of Value. “Peran dan Fungsi mahasiswa adalah sebagai agent of change dan guardian of value dengan menjadikan nilai-nilai kebaikan, gotong royong, empati dan integritas. Sebagai mahasiswa kesehatan ini semua harus dipertahankan karena kalian nanti akan menjadi tenaga kesehatan yang professional, ” tambahnya.

PLBA Fakultas Ilmu Kesehatan dibagi menjadi 2 room Zoom, yaitu room 1 Keperawatan dan room 2 Kebidanan, Profesi ners dan Regular Keperawatan.

Disisi lain, Ns. Dayan Hisni., S.Kep., M.N.S., menjelaskan mengenai metode pembelajaran dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) di Fakultas Ilmu Kesehatan sedangkan Ns. Naziyah S. Kep.M.Kep.CWCCA menjelaskan tentang mekanisme pembelajaran dan beasiswa.

Dalam kegiatan PLBA FIKES turut hadir Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Dr. Retno Widowati, M.Si., Wakil Dekan Dr Rukmaini SST.,M.Keb dan beberapa dosen FIKES lainnya seperti Dr. Siti Syamsiah, S.ST., M.Keb., Dr, Nurul Husnul Lail, S.ST.,M.Kes., Dr. Iriana Indriyani S.ST.M.Kes., Febry Mutiariami Dahlan, S.ST.M.Keb., Putri Azzahrah, S.ST.Kes, Riza Chairunnisa, S. SiT,. MKM, Triana Dr Triana Indrayani, SST., M. Kes
Ketua Prodi Sarjana Dr Vivi Silawati, SST,. MKM, Sekretaris Prodi Jenny Siauta, Ketua Prodi Profesi Bidan Sri Dinengsih SST., M.Kes, dan Sekretaris Prodi Profesi Shinta novelia SST., MNS

Pada sesi terakhir kegiatan mahasiswa baru diperkenalkan dengan Himpunan Mahasiswa Ilmu Kesehatan yaitu HIMAKEB dan HIMAKEP. (*TIN/AL)

Berita Terbaru
Chat with Us!