Persiapkan Reakreditasi LAMSAMA, BPM Lakukan Simulasi Internal Kepada Magister Biologi

Jakarta (Unas) – Badan Penjaminan Mutu Universitas Nasional (BPM Unas) melaksanakan simulasi internal untuk mempersiapkan reakreditasi Magister Biologi Unas. Nantinya, Magister Biologi Unas akan divisitasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal (LAMSAMA).

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., mengatakan, pihak Universitas menargetkan kepada seluruh program studi untuk meningkatkan akreditasinya termasuk program magister. Ia melanjutkan, program magister Biologi diharapkan dapat mengikuti jejak program sarjana (S1) yang telah terakreditas ‘Unggul’.

“S2 Biologi ini sangat memungkinkan karena sumber daya nya sudah bagus dan juga hasil karya dosennya juga bagus. Namun, bagaimana kita menyusun LKPS dan LED nya dengan sesuai dengan standar-standar yang disyaratkan oleh LAMSAMA sehingga nilai nya bisa lebih baik,” ujar Suryono dalam sambutannya pada Simulasi Internal tahap 1 Magister Biologi di Ruang Seminar Selasar Lt. 3, Jumat, (14/4).

Ia menuturkan, proses penyusunan LKPS dan LED merupakan tanggung jawab bersama di Fakultas maupun Program studi serta dosen. Ia pun pihaknya bersama Badan/Biro dan Lembaga siap mendukung data-data yang diperlukan untuk kebutuhan reakreditasi ini.

Suryono mendorong untuk mengerjakan LKPS dan LED secara maksimal dan optimal agar nilai yang diharapkan dapat tercapai.

Dikutip dari lamsama.or.id, LAMSAMA merupakan lembaga akreditasi yang memilih fokus perhatian pada program studi yang menghasilkan lulusan dalam bidang ilmu formal (formal sciences) dan sains alam (natural sciences), serta lulusan yang diarahkan untuk menjadi pendidik dan pengajar bidang-bidang tersebut.Ilmu formal mencakup a.l. Matematika (Mathematics), Statistika, Ilmu Aktuaria, dan Sains Komputasi (Computational Sciences) dan bidang-bidang terkait. Sains mencakup a.l. Fisika (Physics), Kimia (Chemical Sciences), Biologi (Biological Sciences), dan Sains Kebumian dan Antariksa (Earth and Space Sciences) dan bidang-bidang terkait. LAMSAMA mencakup juga program-program studi dalam bidang-bidang multidisiplin dari semua yang disebut di atas.

Baca Juga :   KKI Motori Kuliah Umum Fakultas Biologi UNAS dan University of Arkansas

Masih dari laman website yang sama, konsep akreditasi LAMSAMA adalah supportive bukan directive, LAMSAMA mendukung program studi untuk bertumbuh, berkembang, dan memiliki standar pendidikan yang tinggi dan semakin baik tetapi tidak mengarahkannya menuju ke suatu tujuan yang dikehendaki LAMSAMA. Setiap kebiasan baik (best practice), langkah perbaikan dan kemajuan yang diambil oleh program studi akan mendapat kredit dari LAMSAMA dan akan tercermin dalam laporan akreditasi.

Dalam proses simulasi ini, isian LKPS dan LED di lakukan crosscheck langsung asesor Internal Unas Dr. Retno Widowati, M.Si. Asesor pun memberikan arahan dan mengkonfirmasi isian yang ditulis oleh tim akreditasi Magister Biologi.

Dekan Fakultas Biologi dan Pertanian Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si. bersama tim menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh asesor.

Acara ini pun berakhir pukul 16.00 WIB yang ditandai dengan foto bersama. Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala BPM Unas Dr. Muhani, S.E., M.Si.M., Kepala Bidang Implementasi SPMI dan SPME Ir. Endah Tri Esti Handayani., M.M.S.I., Wakil Dekan Fakultas Biologi dan Pertanian Dr. Sri Endarti Rahayu, M.Si., Ketua Program Studi Magister Biologi Pascasarjana Dr. Fitriah Basalamah, M.Si. serta para dosen dan staf dilingkungan Fakultas Biologi dan Pertanian. (*DMS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!