Pentingnya Pelatihan BTCLS Bagi Tenaga Perawat, FIKES UNAS Kembali Adakan Pelatihan Bagi Mahasiswa Profesi Ners

Jakarta (UNAS) – Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional kembali mengadakan pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) bagi mahasiswa Profesi Ners. Pelatihan BTCLS sangat penting bagi tenaga perawat. Kegiatan ini merupakan Angkatan ke 10 yang digelar pada Rabu hingga Sabtu (13-16/3) di Menara 2 UNAS.

Suasana saat pelatihan BTCLS bagi tenaga perawa

Dalam laporannya, Ketua Pelaksana kegiatan Dr. Rizki Hidayat, M.Kep., WOC(ET)N menyampaikan peserta kegiatan terdiri dari 51 mahasiswa reguler dan 3 mahasiswa dari Program Studi lain yang ingin belajar mengenai kegawatdaruratan dan bisa bersinergi bersama untuk bekal di lapangan. “Peserta Angkatan 10 kali ini sejumlah 54 orang, 51 diantaranya adalah mahasiswa reguler dan 3 mahasiswa dari Program Studi lain yang rencananya akan masuk ke Pendidikan Profesi Ners UNAS, dengan kegiatan ini bisa bersama-sama bersinergi tingkatkan kompetensi untuk mempunyai bekal ketika di lapangan,” paparnya.

Sebagai instruktur kegiatan, Ns. Cindy HMP Simangunsong, S.Kep dari Bintang Edukasi Media mengatakan pelatihan BTCLS bagi tenaga perawat sangat dibutuhkan bahkan sebenarnya selain tenaga medis harus mempunyai keahlian Bantuan Hidup Dasar (BPD). “Selama kegiatan ini, peserta wajib ikut 100 persen karena BTCLS sangat penting dan sangat dibutuhkan bagi perawat saat membantu kasus kegawatdaruratan. Bahkan selain tenaga medis, seharusnya pelatihan ini juga diberikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) Angkatan 10 Profesi Ners dilakukan selama 4 hari. Selama pelatihan itu, peserta didampingi instruktur dari Bintang Edukasi Media Ns. Tommy Wowor, S.Kep.,MKep, MM., Ns. Cindy HMP Simangunsong, S.Kep dan Ns. Irvantri Ajijaya, S.Kep.,M.Kep.,Sp.KMB.

Salah satu peserta sedang mempraktekan materi pelatihan BTCLS.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UNAS Prof. Dr. Retno Widowati, M.Si., berharap dengan pelatihan ini peserta mampu dalam menyerap ilmu untuk persiapan di lapangan. “Kegaitan ini adalah salah satu persiapan untuk mahasiswa Profesi Ners. Yang paling penting FIKES UNAS adalah tempat kita belajar, ketika nanti teman- teman mahasiswa yang praktek di luar tetap jaga nama baik FIKES UNAS,” kata Retno dalam sambutannya.

Baca Juga :   BPM Lakukan Sosialisasi Renstra kepada Unit Kerja di Lingkungan UNAS

Adapun output yang menjadi tujuan BTCLS harus dicapai oleh perawat yaitu mampu melakukan Bantuan Hidup Dasar (BHD), mampu melakukan penilaian awal (initial assessment), mampu melakukan penatalaksanaan pasien dengan gangguan pernafasan dan jalan nafas (airway and breathing), mampu melakukan penatalaksanaan pasien akibat trauma: kepala dan spinal, thorax dan abdomen, musculoskeletal dan luka bakar, mampu melakukan penatalaksanaan pasien dengan gangguan sirkulasi, mampu melakukan penatalaksanaan kegawatdaruratan kardiovaskuler, mampu melakukan penatalaksanaan proses rujukan,dan mampu melakukan triage pasien. (TIN)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!