Mahasiswa Manajemen Lakukan Pelatihan Kepemimpinan di Yayasan Baitul Yataama Fadlan  

Jakarta (Unas) – Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Program Studi Manajemen Universitas Nasional (Unas) lakukan pelatihan kepemimpinan di Yayasan Baitul Yataama Fadlan, Depok, pada Sabtu, (24/09). Kegiatan ini merupakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang bertujuan untuk menanamkan jiwa kepemimpinan yang baik sebagai penerus bangsa pada anak-anak dan remaja.

Ketua PKM, Tsalisa Salma Nasir mengatakan, pemimpin merupakan faktor krusial dalam menentukan maju mundurnya suatu bangsa. Seorang pemimpin yang bijaksana, dihormati, serta disegani harus memiliki jiwa kepemimpinan yang harus ditanamkan mulai dari anak-anak.

“Karena itu, kami melakukan PKM ini untuk memberikan ilmu dan praktik mengenai kepemimpinan kepada anak-anak yang seharusnya memiliki potensi menjadi seorang pemimpin”, jelas Tsalisa dalam keterangan laporan akhir PKM-nya.

Ia melanjutkan, program ini dilakukan di Yayasan Baitul Yataama Fadlan yang telah berdiri sejak tahun 2011 dan menaungi 630 anak-anak yatim. Yayasan ini memiliki anak-anak yang berpotensi menjadi seorang pemimpin, tetapi belum memiliki sumber daya khusus untuk memberikan pelatihan kepemimpinan guna membangun dan mengembangkan potensi anak-anak.

“Atas permasalahan itu, kami berharap tim kami dapat memberikan ilmu yang bisa membantu anak-anak tersebut dalam melakukan pengembangan diri dengan menjadi seorang yang memiliki jiwa kepemimpinan di berbagai bidang kehidupan”, tuturnya.

Tsalisa juga menuturkan bahwa sasaran program ini ialah anak-anak remaja pada usia 16-18 tahun sebanyak 15 orang. Kegiatan yang dilakukan berupa sosialisasi serta materi interaktif tentang kepemimpinan. Setelah itu, kegiatan ini diakhiri dengan monitoring dan evaluasi program untuk melihat pemahaman anak-anak mengenai materi yang disampaikan.

“Hasilnya, sebagian dari mereka mampu menyerap materi yang disampaikan. Rata-rata nilai pada pre test 59 dan naik secara signifikan menjadi 79 saat post test. Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan ini, anak-anak di Yayasan Baitul Yataama Fadlan dapat menanamkan jiwa kepemimpinan di kehidupan sehari-hari, serta bisa memajukan bangsa ini dengan kepemimpinan yang baik”, pungkasnya.

Baca Juga :   Mahasiswa Prodi Sosiologi Raih Juara Pertama dalam Lomba Penulian Artikel Tingkat Nasional

Adapun para anggota program PKM ini ialah  Desi Safitri, Dimas Syaeful, Erika Triana, Fajrin Khalifah Kusuma, Fakhri Azwar Saputra, Mario Muhammad Al Saban, Nurlaily Dariati, Wahyu Bagus Satrio, dan Yuniza Ananda Devtin.

Turut serta dalam kegiatan ini sebagai pembimbing PKM, Dosen Manajemen Unas, Dr. Muhani, S.E., M.Si.M., serta Pimpinan Yayasan Baitul Yataama Fadlan, Nur Hendra. 

Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!