Tim Asesor BAN-PT Lakukan Visitasi Akreditasi Program Studi Hubungan Internasional

Jakarta (UNAS) – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan asesmen lapangan dalam rangka reakreditasi Program Studi (Prodi) Hubungan Internasional dari tanggal 22 hingga 23 April 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari proses akreditasi yang bertujuan untuk menilai kualitas pendidikan yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi, dalam kegiatan asesmen lapangan ini melibatkan penilaian terhadap berbagai aspek yang mencakup kurikulum, tenaga pengajar, fasilitas, sarana pendukung, proses pembelajaran, dan pencapaian mahasiswa.

Asesor satu Suyani Indriastuti, S.Sos., M.Si., Ph.D. saat memberikan sambutan dalam kegiatan asesmen lapangan reakreditasi Prodi Hubungan Internasional, di Ruang Aula Blok 1 Lt. 4 UNAS.

Tim asesor BAN-PT yang melakukan asesmen terdiri dari Suyani Indriastuti, S.Sos., M.Si., Ph.D. selaku asesor 1 (Universitas Jember) dan Dr. Adi Suryadi B, M.Si. selaku asesor 2 (Universitas Hasanuddin). Sebelum asesmen dilakukan, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni UNAS Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M. dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNAS Dr. Dra. Erna Ermawati Chotim, M.Si. menerima tim asesor dari BAN-PT.

Turut hadir juga dalam kegiatan asesmen lapangan ini Wakil Dekan FISIP Bidang Administrasi Akademik dan Keuangan Dr. Aos Yuli Firdaus, S.I.P., M.Si., Wakil Dekan FISIP Bidang Kemahasiswaan, Kerja Sama dan Sumber Daya Manusia Dr. (C) Angga Sulaiman, S.I.P., M.A.P., Ketua Program Studi Hubungan Internasional Harry Darmawan, S.Hum., M.Si., Sekretaris Program Studi Hubungan Internasional Gulia Ichikaya Mitzy, S.I.P., M.A., Kepala Badan Penjamin Mutu UNAS Dr. Muhani, S.E., M.Si.M., para Ketua program studi dilingkungan FISIP UNAS serta para Kepala/ketua Biro/Badan/ Lembaga dan UPT.

Asesor dua Dr. Adi Suryadi B, M.Si. saat memberikan sambutan dalam kegiatan asesmen lapangan reakreditasi Prodi Hubungan Internasional, di Ruang Aula Blok 1 Lt. 4 UNAS.

Asesmen lapangan diawali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan sambutan. Mengawali sambutan pertama, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni UNAS Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., menyambut baik dan merasa bersyukur atas kunjungan tim asesor BAN-PT dalam melakukan asesmen lapangan untuk akreditasi prodi Hubungan Internasional. Ia berharap bahwa melalui asesmen ini, kualitas penyelenggaraan pendidikan di UNAS akan lebih meningkat.

Baca Juga :   BNNP DKI JAKARTA APRESIASI UNAS RUTIN RAZIA NARKOBA
Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni UNAS Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M.

Pertama saya mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada tim asesor BAN-PT yang telah meluangkan waktu untuk menjadi asesor dalam asesmen lapangan pada prodi Hubungan Internasional UNAS. Kami siap membantu dalam rangka memperlancar tugas Ibu dan Bapak dalam proses asesmen ini,” ujar Prof. Suryono.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Prof. Suryono meminta maaf jika ada hal yang kurang berkenan selama dalam penerimaan tim asesor tersebut dan semoga asesmen lapangan yang dilakukan oleh Tim BAN-PT berjalan dengan lancar dan memberikan hasil yang memuaskan bagi Prodi, Fakultas dan juga Universitas. “Mudah-mudahan kita semua bisa memberikan bantuan dalam rangka mengklarifikasi LED maupun LKPS yang sudah kita sampaikan ke BAN PT,” ungkapnya.

Melanjutkan sesi sambutan, Asesor BAN PT Suyani Indriastuti, S.Sos., M.Si., Ph.D. turut menyampaikan terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh UNAS. Ia merasa senang dan mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh UNAS dalam menyiapkan dokumen-dokumen akreditasi.

“Kami mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan dan kami mohon kerjasamanya dalam dua hari ini. Semoga apa yang kita harapkan sesuai dengan apa yang kita rencanakan,” katanya. Suyani menjelaskan bahwa kehadirannya di UNAS adalah atas permintaan BAN-PT untuk melakukan asesmen dalam rangka akreditasi Prodi Arsitektur. Ia menekankan bahwa kehadirannya bukan untuk menguji, tetapi sebagai pertanggungjawaban kepada masyarakat.

“Kami disini memotret, apa yang kami lihat disini berdasarkan informasi dari bapak ibu dan juga bukti sahih yang nanti bisa ditunjukkan kepada kami. Namun demikian bapak ibu, kami tidak berkenan memberikan hasil. Misalnya baik sekali atau unggul, itu nanti BAN PT yang memutuskan. Disini kami hanya yang diterjunkan dilapangan untuk memotret dan melaporkan kondisi dilapangan dan nanti di BAN PT ada validator yang memvalidasi hasil temuan kami,” pungkas Suyani.

Baca Juga :   Pemilu Baru Hasilkan ‘Vote’, Pakar Sebut Demokrasi di Indonesia Minim Kapasitas
Penyerahan laporan dari Asesor satu Suyani Indriastuti, S.Sos., M.Si., Ph.D. kepada Dekan Fisip UNAS Dr. Dra. Erna Ermawati Chotim, M.Si., Selasa, 23 April 2024, di Ruang Aula Blok 1 Lt. 4 UNAS.

Senada dengan Suyani, Dr. Adi Suryadi B, M.Si. selaku asesor 2 menyatakan bahwa tim asesor diminta BAN PT untuk mengkonfirmasi serta mengklarifikasi bukan untuk memeriksa. Sehingga tim akreditasi tidak perlu takut untuk memperlihatkan dokumen-dokumen yang sudah dipersiapkan.

Adapun kriteria yang dinilai oleh BAN-PT meliputi Sembilan kriteria diantaranya (1) Visi, Misi, Tujuan dan Strategi, (2) Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama, (3) Mahasiswa, (4) Sumber Daya Manusia, (5) Keuangan, Sarana dan Prasarana, (6) Pendidikan, (7) Penelitian, (8) Pengabdian kepada Masyarakat, dan (9) Luaran dan Capaian Tridharma.

Pada hari pertama proses akreditasi, Kedua asesor memaparkan isian LED dan LKPS yang telah diisi oleh Fakultas maupun Program Studi dan menanyakan hal-hal yang perlu diklarifikasi terhadap bukti laporan.

Pada hari kedua, melakukan proses wawancara dengan beberapa pihak guna memperkuat bukti dari kriteria yang telah dikirimkan, antara lain (1) Dosen Program studi Hubungan Internasional (2) Mahasiswa, (3) Alumni serta (4) para pengguna alumni. Dan juga mengunjungi ke sejumlah fasilitas seperti Perpustakaan, Korean Corner, Ruang Kelas, Rektorat, dan Ruang Rapat Rektorat. (*DMS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!