LPPM Sosialisasikan Pembaharuan Akun SINTA kepada Para Dosen

Jakarta (Unas) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Nasional (Unas) melakukan sosialisasi pembaharuan akun SINTA kepada para dosen, di Ruang Rapat Cyber Library, Jumat (10/03). Hal ini dilakukan karena adanya pemutakhiran dan pengembangan untuk mendukung kebijakan dan rencana baru yang ditetapkan Ditjen Dikti di aplikasi SINTA.

 Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerjasama, Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt., mengatakan, saat ini aplikasi SINTA memiliki fitur yangebih canggih dan kompleks, serta parameter score yang semakin rinci.

 Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerjasama, Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt., memberikan arahan saat Sosialisasikan Pembaharuan Akun SINTA kepada Para Dosen
 “Oleh karena itu, perlu adanya sosialiasi kepada para dosen untuk membahas fitur-fitur baru tersebut sekaligus menjelaskan mengenai proses pemutakhiran data. Para dosen diimbau untuk segera mengupdate data di akun SINTA terutama yang berhubungan dengan publikasi,” ujar Erna dalam sambutannya.
 Ia melanjutkan, update data publikasi tersebut nantinya akan mempengaruhi skor penelitian dan pengebadian kepada masyarakat, sehingga memenuhi syarat untuk bisa mengikuti skema riset. “Semoga kita bisa bersama-sama bergerak cepat untuk mengisi kekosongan data SINTA ini,” katanya.
 Melalui kegiatan ini, Erna juga mendorong para dosen untuk melakukan publikasi lebih banyak karena ini merupakan poin yang besar dalam penilaian akreditasi insitusi dan program studi.

 

Kepala LPPM Unas, Dr. Ir. Nonon Saribanon, M.Si.,saat memberikan penjelasan tentang akun Sinta.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala LPPM Unas, Dr. Ir. Nonon Saribanon, M.Si., mengatakan, pemutakhiran data SINTA ini juga bertujuan untuk mendukung proses klasterisasi perguruan tinggi berdasarkan keputusan Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Nomor 0241/E5/DT.06.01/2023 tanggal 28 Februari 2022.

 “Hal tersebut mengenai Penetapan Klasterisasi Pergur uan Tinggi berdasarkan Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Karena itu, pemutakhiran data para dosen di akun SINTA sangat berpengaruh terhadap tingkat perguruan tinggi,” ucapnya.
 Nonon menambahkan, LPPM akan melakukan koordinasi, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi kegiatan penelitian dan pengabdian para dosen, serta menghimpun data dari kegiatan tersebut untuk bisa dimutakhirkan di SINTA.
 
Kegiatan ini diisi dengan presentasi pemutakhiran data SINTA oleh Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si. dan dihadiri oleh para dekan, serta dosen di lingkungan Unas. 
Baca Juga :   Adakan Model United Nations (MUN), HIMAHI Angkat Isu Sikap Negara dalam Mengembangkan Sistem Pangan Cerdas untuk Menghadapi Krisis Pangan Pada Tahun 2040
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!