HIMAKEP Bangun Kepemimpinan Mahasiswa Melalui LKMM

Jakarta (Unas)  – Guna membangun kepemimpinan mahasiswa yang berkarakter dan beretika, Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan (HIMAKEP) Universitas Nasional (Unas) melangsungkan latihan kepemimpinan manajemen mahasiswa (LKMM), pada Jumat (19/7). Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan Unas, Ns. Dayan Hisni, S.Kep., M.N.S mengatakan, kegiatan ini perlu dilakukan untuk menambah pengetahuan dan manajerial keorganisasian yang baik. “Dalam kegiatan ini mahasiswa bisa mengerti bagaimana caranya mengelola organisasi dan tata kelolanya baik ditingkat prodi, fakultas, dan universitas,” ujarnya dalam sambutan.

Ia berharap, ilmu yang disampaikan oleh pemateri dapat diaplikasikan dalam mengelola HIMAKEP dan mahasiswa bisa selalu aktif menggali potensi masing-masing baik dari sisi akademik dan non akademik.  Dalam presentasinya, Kepala Biro Kemahasiswaan Unas, Kamaruddin Salim, S.Sos., M.Si., mengatakan, selain wajib melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, mahasiswa juga perlu melatih diri untuk menjadi seorang pemimpin. “Salah satu wadah yang dapat melatih kepemimpinan mahasiswa ialah melalui organisasi, tapi hal ini juga perlu seimbang, antara akademik dan kegiatan non akademik,” ungkapnya.

Menurutnya, menjadi seorang pemimpin mahasiswa perlu bisa merencanakan, mengkoordinasi, mengendalikan, dan mendata segala hal tentang organisasi. Selain itu, menjadi pemimpin juga perlu menumbuhkan sifat kepercayaan, jujur, dan keahlian khusus. “Mahasiswa juga perlu menggali ilmu dan belajar dari orang-orang hebat untuk menjadi pemimpin,” jelasnya. Kegiatan ini juga diisi materi mengenai organisasi Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia dari perwakilan (ILMIKI) sebagai wadah pengembang mahasiswa oleh salah satu anggota ILMIKI, Galia Ibnu Bustomi, dan penjelasan materi mengenai manajemen organisasi oleh mantan Ketua HIMAKEP, Elidda Daeli.

“Dengan berorganisasi, mahasiswa bisa memiliki jenjang karier dan menambah ilmu pengetahuan yang tidak didapatkan di kelas saat kuliah. Di organisasi kalian juga bisa melayani masyarakat dan menjadi contoh bagi mahasiswa lainnya,” tutur Elidda.(*NIS)